Beranda Daerah Pelatihan Kader II Tingkat Nasional HMI : Ini Pesan Bupati Ciamis

Pelatihan Kader II Tingkat Nasional HMI : Ini Pesan Bupati Ciamis

229
0

Pelatihan Kader II Himpunan Mahasiswa Islam(HMI) tingkat Nasional secara resmi dibuka oleh Bupati Ciamis Dr H. Herdiat Sunarya  di gedung aula PKK Kab Ciamis,Senin(03/02/2020).

Ciamis, Jabar | Turut hadir dalam acara tersebut, Asisten II Setda Ciamis Dr. H. Toto Marwoto, Kapolres Ciamis AKBP. Dr. Bismo Teguh Prakoso, Dandim 0613 Ciamis dalam hal ini diwakili Pasi Pers Lettu Inf Maryoto, Kejaksaan Negeri Ciamis, Ketua KNPI Kab Ciamis, Para peserta Pelatihan serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya Bupati Ciamis  mengatakan, kegiatan intermediate training (Latihan Kader II) dilaksanakan berkesinambungan di wilayah Ciamis, hal tersebut sebagai upaya memperkenalkan potensi budaya yang dimiliki di tatar Galuh Ciamis kepada para kader HMI se-Indonesia.

“Mengucapkan selamat datang kepada peserta LK II di Kabupaten Ciamis agar berkenan dengan nyaman singgah beberapa hari dalam proses kegiatan training berlanjut nantinya, HMI di setiap universitas baik perguruan tinggi dan swasta selalu hadir dan berkontribusi aktif, semoga para kader HMI bisa berkontribusi ditengah-tengah masyarakat,” singkat Bupati.

Sementara itu, Ketua HMI Cabang Ciamis, Hernawan menyampaikan Latihan Kader merupakan tonggak atau jantung perkaderan di HMI, diharapkan kader setelah digembleng pada training mampu berkiprah di daerahnya masing-masing.

“Dengan mengangkat simbol gong perdamaian HMI Ciamis ingin menggaungkan perdamaian di seluruh dunia,” ujarnya.

Hernawan mengajak para peserta Latihan Kader II Ciamis untuk mengawal potensi energi daerah masing-masing agar menjaga dan memeliharanya.

“Kawal potensi-potensi sumber daya energi yang ada di daerahnya masing-masing, Indoneisa di tahun 2024 menjadi primadona dalam supply energi alam, kita harus mengawalnya jangan sampai berdampak buruk terhadap kondisi lingkungan dan masayarakat sekitar kita,” tuturnya.

Presidium Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Ciamis, Budi Kurnia menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan Latihan Kader II yangg digelar oleh HMI cabang Ciamis.

“Tema HMI mengusik wilayah peradaban, terkait kekayaan bangsa kita, kalau budaya yang jadi aset maka Indonesia termasuk adidaya dalam hal budaya, Ciamis memiliki history penting dalam sejarah di Jawa salah satunya daerah Kawali yang memilki banyak sejarah terkati asal muasal peradaban Galuh”

Budi Kurnia juga menambahkan Aspek adab dan peradaban sudah dijadikan sebagai nilai dalam budaya sunda yang terjabarkan dalam “Pakena Gawe Rahayu Pakeun Hebeul Jaya di Buana“.

“Melalui Latihan Kader II Ciamis bisa mengenalkan potensi budaya yang luar biasa kepada kader HMI se-Nusantara yang hadir mengikuti training kali ini,”pungkasnya.

Seusai kegiatan pada saat di wawancarai awak media, ketua panitia kegiatan  Rahmat Ade Mamat mengatakan, “kegiatan pelatihan kader II Tingkat Nasional merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh HMI setelah masa jabatan pengurus sudah habis,dan kali ini kegiatannya diselenggarakan oleh pengurus HMI Cabang Ciamis dan bertempat di Kabupaten Ciamis,” tuturnya.

Kegiatan training dilaksanakan selama satu minggu terhitung dari tanggal 3 sampai dengan 9 Februari 2020, pelaksanaan kegiatan di BKPSDM Ciamis.

“Adapun jumlah peserta yang mengikuti training sebanyak 42 orang terdiri dari 10 Provinsi dari berbagai cabang diantaranya Cabang Ciamis, Malang, Ambon, Karawang, Ciputat, Surabaya, Bogor, Bukittinggi, Kediri, Gowa Raya, Garut, Bangkalan, Langsa, Bandung, Kab.Bandung, Pare Pare, Balikpapan, Cirebon, Cianjur, Tasikmalaya, Bengkalis, Makassar,” terangnya.

Diharapkan mereka sebagai peserta dapat mewakili para kader di masing-masing wilayah di Indonesia dalam mengikuti pelatihan yang dilaksanakan oleh tubuh organisasi dan dari hasil kegiatan ini di harapkan dapat membawa roda organisasi kedepan lebih baik dan maju, di wilayahnya masing-masing,” harapnya.

Adapun untuk pemateri pelatihan rencananya akan di isi oleh perwakilan dari BPKRI, KPK dan Yang lainya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here