Beranda Daerah Peletakan Batu Pemula Awal Pembangunan Gereja Pusat Imanuel Gamsungi Tobelo Bantuan PT....

Peletakan Batu Pemula Awal Pembangunan Gereja Pusat Imanuel Gamsungi Tobelo Bantuan PT. NHM

32
0

Tobelo, Halut

Gedung Gereja Pusat GMIH Jemaat Imanuel Gamsungi Tobelo mulai dikerjakan pembangunannya kembali, yang diawali dengan peletakan batu pemula oleh Bupati Halmahera Utara Frans Manery, Bupati Kabupaten Sitaro Evangelian Sasingen, Ketua DPRD Halut Janlis Kitong, mewakili Presiden Direktur PT. NHM Hanset Piter Lassa, Ketua Sinode GMIH Pdt. Demianus Ice, Ketua Wilayah Pelayanan Tobelo Pdt. Alviano Malesen, Ketua Jemaat Imanuel Gamsungi Pdt. Ester Flori, Ketua pembangunan Gedung Gereja Nyoter Koenoe dan Direktur PT. Eltis Anugerah Sejahtera Elvis Ongki, Kamis (31/3/2022).

“Hari ini kita patut bersyukur kepada Tuhan, dimana kita dapat meletakkan batu pemula sebagai dasar pembangunan gedung Gereja pusat GMIH jemaat Imanuel Gamsungi Tobelo,” ungkap Frans Manery.

“Mengilas balik kejadian musibah kebakaran Gereja, malam kejadian kebakaran bertepatan dengan agenda berakhirnya masa kepemimpinan saya sebagai Bupati, hati sedih melihat yang terjadi,” tutur Bupati Frans.
“Malam itu saya langsung menelpon Pak Haji Robert dan mengatakan bahwa Gedung Gereja Pusat GMIH Imanuel Gamsungi mengalami kebakaran. Haji Robert mengatakan kepada saya, “Dinda (Frans) tidak usah bersedih karena gereja itu akan kembali berdiri teguh,” bebernya.

“Besoknya pak haji menanyakan kondisi gedung dan besaran biaya. Saya sampaikan bahwa gedung gereja waktu 4 tahun lalu dibangun dengan anggaran mendekati Rp 6 milyar dan haji berjanji akan membantu 5 milyar, namun setelah saya mengirim kondisi gedung gereja paska kebakaran, pak Haji Robert mengatakan dirinya secara pribadi akan membantu membangun kembali gedung gereja utuh dengan biaya Rp 10.200.000.000 dari sakunya sendiri,” terangnya.

Frans menambahkan bahwa hal ini disampaikan sehingga tidak ada yang tepuk dada bahwa pembangunan gereja ini karena Si A atau Si B. “Peristiwa kebakaran ini jadi peringatan keras bagi kita untuk introspeksi diri baik GMIH secara kelembagaan maupun jemaat Imanuel Gamsungi secara khusus dan saya berharap gedung gereja ini benar-benar di jadikan tempat untuk pembinaan umat,” cetus Frans Manery.

Sementara itu perwakilan PT. NHM (Indotan Halmahera Bangkit) yang diwakili oleh Hansed Piter Lassa, menyampaikan permohonan Haji Robert yang tidak sempat hadir pada peletakan batu pemula hari ini, sehingga dirinya ditunjuk untuk mewakili pada acara hari ini.
“Saya hanya menyampaikan pesan Pak Haji Robert, Presiden Direktur PT. NHM bahwa kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini, peletakan batu pemula gedung Gereja Imanurl Gamsungi harus dilakukan bersama-sama, bahu membahu bekerja menyelesaikan pekerjaan ini sehingga selesai tepat pada waktunya,” ujar Hansed.

Mengutip salah satu ayat alkitab Pemberian yang “Jika diberikan melalui tangan kanan, tangan kiri tidak boleh tahu, dan jika tangan yang satu luka maka tangan yang lain akan saling bantu mengobatinya”. “Artinya kita saling menopang untuk melihat tanggungjawab pembangunan gereja ini,” ungkap Hansed Lassa.

Suara gembala yang disampaikan oleh Ketua BPHS GMIH Jln Kemakmuran, Pdt. Demianus Ice menyampaikan bahwa peristiwa kebakaran gedung gereja akibat arus pendek terjadi sudah tiga kali, yang pertama Gereja Anugrah Tobelo, di Galela dan di jemaat pusat Imanuel Gamsungi yang membuat kita semua merasa sedih.

“Pasti kita bertanya-tanya ada apa dibalik semua ini, sebagai umat yang percaya mari kita semua merefleksikan apa maksud dan rencana Tuhan,” ucap Pdt. Demianus Ice.

“Sebagai lembaga maupun jemaat, kita tidak mampu membangun gedung gereja dengan waktu yang singkat apalagi satu tahun rencana pembangunan dan biaya yang cukup besar. Jika Pembangunan gedung Gereja itu milik Tuhan dan berasal dari Tuhan serta peruntukan untuk hormat dan kemuliaan nama tuhan maka akan ada gerakan. Tuhan menggerakkan hati Haji Robert selaku Presiden Direktur PT. NHM datang meringankan beban jemaat Imanuel Gamsungi dengan membangun utuh gedung gereja ini. Selaku pribadi dan lembaga GMIH kami menyampaikan terimakasih kepada Presiden Direktur PT. NHM (Indotan Halmahera Bangkit) Haji Robert Nitiyudo Wacho. (Robby Pangemanan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here