Beranda Daerah Pemanfaatan Posko Covid-19 Halut Di Hibualamo Belum Maksimal

Pemanfaatan Posko Covid-19 Halut Di Hibualamo Belum Maksimal

17
0
RSUD Tobelo

Tobelo, Halut

Pembentukan Posko Penanganan Covid-19 di kabupaten Halmahera Utara dalam rangka penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro, ternyata belum dilaksanakan secara maksimal. Dalam amatan Bhayangkara Utama,
Posko yang seharusnya menjadi pusat/sentra pelayanan dan informasi kepada masyarakat tentang Covid-19 dan penerapan PPKM masih minim sarana dan prasarana.

Pada saat pertemuan Satgas Covid-19 Halut pada 7 Juli 2021, Komandan Kodim 1508 Letkol Inf I Putu Witharsana Eka Putra, mengusulkan agar dalam mengatasi penyebaran Covid-19 dan penerapan PPKM skala mikro, maka harus menempatkan Posko Covid-19 yang dipusatkan di gedung Hibualamo sekaligus penempatan Media Center dengan nomor call centernya sehingga mempermudah masyarakat mengakses informasi.

Namun dalam amatan Media Bhayangkara Utama, Posko Covid-19 Hibualamo masih pada pelaksanaan vaksinasi, sedangkan untuk jadwal piket satgas belum berjalan. Selain itu juga kelengkapan sarana penunjang dan pendukung lainya seperti Media Center, Jaringan WIFI dan meubeler belum disiapkan.

Sementara itu Dandim 1508/Tobelo
Letkol Inf I Putu Witharsana Eka Putra, ketika ditemui saat memantau langsung kegiatan vaksinasi di Hibualamo, Sabtu (17/07/2021), membenarkan bahwa memang di posko Covid-19, masih kekurangan sarana penunjang, padahal Posko ini sudah harus ditempati dengan jadwal bergilir setiap hari. “Kalau kami sudah siap untuk personil TNI-POLRI dan SATPOL PP kami sudah siap masing-masing satuan 10 personil anggota yang siap siaga,” tutur Dandim.

Lanjut Putu, Posko ini juga merupakan Media Center, maka harus ada nomor Call Centernya. “Saya sudah sarankan kalau boleh disediakan satu unit handphone (HP) dan nomor call centernya yang selalu aktif di Posko Media Centernya, sehingga masyarakat lebih mudah mengakses informasi dan memberikan informasi kepada petugas yang berada di Posko jika ada yang tidak mengindahkan penerapan PPKM Mikro,’ pungkasnya.

Sementara itu Sekretaris Satgas Covid-19 Halut, E.J. Papilaya, saat dikonfirmasi menjelaskan bahwa dalam waktu dekat ini kita akan melengkapi apa yang menjadi kebutuhan di posko Covid-19 Hibualamo.

”Ini bukan barang baru bagi kita sehingga kita akan segera siapkan semuanya, untuk nomor call centernya kita masih tetap menggunakan nomor yang sudah ada,” jelas Oce yang juga sebagai Sekda Halut. (Roby Pangemanan)

HUT Bahayangkara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here