Beranda Daerah Pembentukan Pengurus KKG “WALAMA” Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo

Pembentukan Pengurus KKG “WALAMA” Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo

116
0
Selamat Hari Jadi Kabupaten Sukabumi Yang Ke -151

Gorontalo, Sulut

Guna mendukung upaya peningkatan Mutu Pendidikan Jajaran Dinas Pendidikan Kota Gorontalo melalui Pengurus Kelompok Kerja Kepala Sekolah( K3S) membentuk Pengurus Kelompok Kerja Guru ( KKG).
Khusus Kecamatan Dungingi pembentukan Pengurus Kelompok Kerja Guru ( KKG) berlangsung Hari Kamis, 25/02/2021 bertempat di Gedung Sekretariat PGRI Kecamatan Dungingi Jl. Palma Kelurahan Libuo Kecamatan Dungingi. Pembentukan Pengurus baru KKG WALAMA dipimpin Ketua Pengurus K3S Sidik Ibrahim, S. Pd. dihadiri seluruh Kepala Sekolah dan Perwakilan Guru SDN no. 15,17,18, 19, 21,23 dan 24 Dungingi.

Dengan mematuhi prokes berlangsungnya Acara diawali Pembacaan Doa oleh Ketua PGRI Kecamatan Dungingi Idris Kulima,, S. Pd.
Dalam sambutannya Ketua K3S Sidik Ibrahim, S. Pd. yang didampingi Sekrtaris K3S Andi Arkom S. Pd antara lain menyampaikan bahwa Kelompok Kerja Kepala Sekolah ( K3S) adalah perpanjangn tangan refresentasi Disdik dalam melakukan keordinasi, konsultasi serta komunikasi sesama rekan mitra Kepala Sekolah dalam pelaksanaan tugas tugas kedinasan yang sifatnya instruktif.
Bahwa di akhir tahun 2020 ada perubhan Pengurus K3S yang sebelumnya di ketuai Idris Kulima, S. Pd. Menyangkut pembentukan Pengurus KKG yang baru di kedua gugus Kecamatan Dungingi menyusul adanya Pengurus K3S baru yang belum lama ini terbentuk mulai melaksanakan Program yang dianggap urgen menurutnya. Diantaranya adalah merevitalisir keberadaan Kelompok Kerja Guru ( KKG), wadah komunitas Guru khususnya di Kec. Dungingi.
Sebagaimana petunjuk diterima dari pihak Dinas Pendidikan Kota, bahwa dalam satu komunitas KKG minimal beranggotakan 10 sekokah.
Melihat efektifitas yang didasarkan pada tahun-tahun sebelumnya, dipandang perlu untuk melakukan revitalisasi kepengurusan KKG itu sendiri.
Eksistensi pengurusnya saat ini terkesan stagnan karena hanya Pengurus dan namanya yang ada namun tidak terlihat geliat, dan peranannya sehingga terkesan stagnan. Atas pertimbangan itulah maka perlu adanya Pembentukan Pengurusnya yang baru, selebihnya untuk penyegaran dan revitalisasinya.
Beberapa hari sebelumnya kata Sidik Ibrahim, S. Pd yang juga selaku Kepala SDN NO. 16 Dungingi telah dibentuk pula Pengurus KKG yang sama dengan nama KKG “BUHUTA” yang keanggotaannya adalah Guru dari SDN no. 16, 20, 21, dan 22 dengan komposisi Pengurusnya
Ketua : Bambang Rianto, M. Pd. I
Wa. Ka: Zakaria Abdullah, S.Pd.
Sekretaris : Yusran Rauf, S. Pd.
Bendahara : Masnia Djafar, S. Pd.
Terkait dengan upaya ini, diharapkan untuk kedepan agar Manajemen kepengurusannya ada gaungnya serta lebih eksis lagi.

Disinggung pula tentang iuran rutin bulanan baik iuran KKG maupun iuran K3S penyetorannya hrs melalui pengurus yang sudah terbentuk.
Pengurus pada masing masing komunitas yang terdiri dari Ketua, Wa.Ka, Sekretaris dan Bendahara, dilengkapi kordinator Kelas bawah dan kordinator Kelas atas.

Diharapkan ke depan pengurus yang terbentuk segera menyusun program, langkah yang lebih inovatif.
Dalam kiprahnya KKG biasanya dan hendaknya diinklud di dalamnya rangkaian program berupa perteaching agar muncul pemodelan terkait keterlaksanaan proses KBM yang dengan kegiatan semacam itu memungkinkan sesama anggota komunitas Guru bisa saling berbagi pengalaman hal cara penyajian, tehnis pembelajaran disamping masing -masing anggota memiliki kompetensi dan skill yang sama.

Acara yang dihadiri seluruh Kepala sekolah dan Guru SDN 17,18, 19,21,23 dn 24 berhasil melaksanakan proses Pemilihan Pengurus KKG “WALAMA” dengan komposisi Pengurus Ketua : Aisah Lahambu, S. Pd.
Wa. Ka : Roky Radjulani, S. Pd.
Sekretaris: Davin Kamumu, S. Pd.
Bendahara : Ismiyati Lahabu, S. Pd.

Lebih lanjut kata Ketua K3S, “Atas terbentuknya Pengurus KKG pada kedua Gugus jajaran Diknas Kec. Dungingi pihaknya berharap agar kedepan melalui wadah Pengurus KKG ” BUHUTA” dan KKG ” WALANA” yang baru terbentuk kiranya dapat mengemban tugas dan kepercayaan dalam organisasi kemitraan ini untuk dapat berkontribusi secara positif, sinergis dalam mensupport akselerasi pembangunan sektor pendidikan, khususnya di Kecamatan Dungingi dan Kota Gorontalo pada umumnya,” ungkapnya.
Beberapa saat sebelum acara ditutup Sekertaris K3S, Andi Arkom, S. Pd. turut menyampaikan ucapan selamat kepada Pengurus KKG Walama yang sudah terpilih.

Seusai acara dilanjutkan pemaparan awal, penyusunan program oleh Pengurus KKG terpilih. (Sumanto Ibrahim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here