Beranda Daerah Pembentukan Tim Relawan Desa Tanggap Pemkab Ciamis

Pembentukan Tim Relawan Desa Tanggap Pemkab Ciamis

145
0
Selamat Hari Jadi Kabupaten Sukabumi Yang Ke -151

Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menginstruksikan kepada desa untuk membuat relawan desa tanggap Covid-19 hal tersebut telah seusai dengan Peraturan Kementerian Desa (PDTT) Nomor 8 tahun 2020.

Ciamis, Jabar | Menyikapi hal tersebut Penjabat Sementara (PJS) Desa Nasol Abdulah Duyeh,.S.IP. Saat di wawancarai media ini di ruang kerjanya terkait fungsi pembentukan relawan Covid-19 di wilayahnya mengatakan, Tim Relawan Covid-19 Desa Nasol telah dibentuk berdasarkan SK Nomor 440/05/IV Tahun 2020 yang salah satu tugas relawan ini adalah membangun pos jaga untuk memantau keluar masuknya orang di desa, Senin (20/04/2020).

“Mereka harus didata siapa yang masuk siapa yang keluar tujuannya untuk memastikan kondisi kesehatan warga serta mencegah wabah virus Corona,” ujarnya.

Abdulah mengatakan POS  tersebut harus dijaga selama 24 jam. Adapun relawan yang berjaga telah dilengkapi alat kesehatan, seperti alat pengukur suhu tubuh Thermometer, Hand Sanitizer dan Masker.

(PJS) Desa Nasol, Abdulah Duyeh,.S.IP.

“Masyarakat yang datang dari perantauan harus diperiksa dengan alat-alat yang sudah disiapkan, jadi relawan covid juga menyiapkan alat-alat untuk kesehatan yang memeriksa warga desa yang baru datang dari rantau,” imbuhnya.

Mereka yang pulang kampung diperiksa suhu tubuhnya, harus mencuci tangan setelah itu diberikan masker  lalu dilakukan pendataan dan diberikan pemahaman terkait tindakan yang harus dilakukan di rumahnya masing-masing.

Abdulah menjelaskan, tugas relawan selain melakukan penjagaan orang yang keluar masuk desa, mulai dari warga setempat hingga warga rantau yang baru pulang ke desa, relawanpun bertugas melakukan edukasi kepada masyarakat terkait wabah covid-19 serta cara mencegahnya.

Abdulah menuturkan, tugas relawan covid pun secara bergilir memberikan penyuluhan atau implementasi tentang bahaya virus Corona di berbagai tempat yang ada di desa termasuk pusatnya perkumpulan orang.

“Selain memberikan penyuluhan tentang covid, relawanpun membagikan alat pelindung berupa masker yang telah disediakan oleh Desa dan bantuan sumbangan dari dermawan yang ada di Desa Nasol,” terangnya.

Ditambahkan Abdulah, tugas relawan covid, mereka  memberikan penyuluhan kesetiap kampung secara bergilir serta melakukan penyemprotan cairan disinfektan ke Dusun-Dusun, Jalan umum, Masjid dan fasilitas lainnya.

Saat ini Desa Nasol secara bertahap telah mengeluarkan sejumlah dana yang berasal dari anggaran Dana Desa salah satunya sudah dialokasikan untuk pengadaan masker, cairan disinfektan, pembelian alat pengukur suhu tubuh (thermometer) dan yang lainnya sesuai petunjuk menteri Desa (PDTT),” tuturnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here