Beranda Daerah Pemkab Ende Gelar Expo Budaya Nusantara 2022

Pemkab Ende Gelar Expo Budaya Nusantara 2022

122
0

Ende, NTT

Sebelum peringatan puncak Hari Lahir Pancasila 1 Juni, Pemerintah Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), menampilkan pagelaran Expo Budaya Nusantara dan Ende 2022 bertempat di halaman Kantor Bupati Ende di jalan El-Tari, Ende.

Bupati Ende, Drs. H. Djafar H. Achmad, MM., sebelumnya mengatakan, Indonesia adalah negara yang terkenal dengan keanekaragaman suku, budaya dan kekayaan alam, sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, baik dari mancanegara maupun wisatawan domestik. Keragaman suku, budaya, dan pesona alamnya menjadikan Indonesia unik dan menarik untuk dinikmati.

Sebagai bangsa yang besar, kata Bupati Djafar, keanekaragaman yang dimiliki oleh bangsa Indonesia menjadi identitas yang dapat menjadi pemersatu bangsa Indonesia. Terutama, bila masyarakat memiliki rasa bangga terhadap apa yang telah dimiliki saat ini.
“Pemerintah daerah berkewajiban melestarikan seni budaya untuk memperkokoh jati diri bangsa, martabat, dan menumbuhkan kebanggaan nasional serta mempererat persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ungkap Bupati Djafar di Ende, Minggu malam (29/5/2022).

Menurut Bupati Djafar, pagelaran Expo Budaya Nusantara dan Ende 2022 memiliki arti penting yang menggambarkan betapa besar semangat masyarakat mencintai budaya bangsa Indonesia. Serta, melukiskan kekuatan Indonesia yang berdiri tegak dalam indahnya keragaman negeri di Bumi Pancasila ini.

Arti penting lainya adalah masyarakat Indonesia yang sungguh-sungguh menghormati warisan budaya leluhur bangsa, maupun budaya leluhur Ende-Lio. Hal ini menunjukkan sebuah kekuatan bangsa untuk tetap mempertahankan keagungan adat istiadat, budaya serta keanaekaragaman potensi pariwisata yang dimiliki oleh bangsa Indonesia, khususnya yang ada di Kabupaten Ende.
Sebelum puncak Hari Lahir Pancasila 1 Juni, Pemerintah Kabupaten Ende, NTT, menampilkan Pagelaran Expo Budaya Nusantara dan Ende 2022.

Kegiatan Pergelaran Expo Budaya Nusantara dan Ende 2022 diharapkan dapat menjadi sarana promosi dan publikasi seni dan budaya masyarakat Kabupaten Ende, membangun kreativitas masyarakat. Serta, menjadi ajang strategis untuk membawa nama Provinsi Nusa Tenggara Timur.

“Khususnya Kabupaten Ende, akan menjadi pusat budaya dan pariwisata yang handal di tingkat nasional, bahkan internasional,” katanya.

Pergelaran Expo Budaya Nusantara dan Ende 2022 juga diharapkan mampu menjadi ajang promosi Kabupaten Ende yang menampilkan kesenian budaya serta pameran produk-produk lokal NTT, khusunya Kabupaten Ende.

 

Bupati Djafar menambahkan, dengan adanya kegiatan ini, pemerintah daerah dapat mendorong pembangunan akses dan akomodasi sebagai prasyarat utama dalam membangun sektor jasa pariwisata budaya di Provinsi NTT, khususnya di Kabupaten Ende. Selain itu, mendorong minat dunia usaha untuk melakukan investasi di bidang jasa pariwisata, budaya, dan produk unggulan lokal lainnya.

Kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadi sarana promosi dan publikasi seni dan budaya masyarakat Kabupaten Ende, membangun kreativitas masyarakat, dan menjadi ajang strategis untuk membawa nama Nusa Tenggara Timur, khususnya Kabupaten Ende menjadi pusat-pusat budaya dan pariwisata yang andal.

Menurutnya, kebersamaan yang telah ditampilkan selama ini dan semangat kerjasama antara segenap jajaran dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah bersama seluruh elemen masyarakat dalam menyukseskan kegiatan tersebut.

Pantauan media bhayangkarautama.com., masyarakat memadati halaman kantor Bupati Ende untuk menyaksikan pagelaran tersebut. (Damianus Manans)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here