Beranda Daerah Pemprov Sumbar Siap Terapkan Smart Office

Pemprov Sumbar Siap Terapkan Smart Office

32
0

Pemerintah Provinsi Sumatra Barat menyatakan siap menerapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dengan konsep Smart Office.

Padang | “Tidak ada lagi alasan untuk menunda. Pelaksanaan tugas kian hari semakin dinamis, jika tidak diterapkan secepatnya, kita akan tertinggal jauh,” kata Kepala Diskominfo Provinsi Sumatra Barat, Yeflin Luandri di Kantor Diskominfo Sumbar, Senin (27/01/2020).

Menurut dia, regulasi terkait yaitu Perda Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik telah berhasil diinisiasi dan disahkan pada 2018 yang lalu. “Sekarang kewajiban kita adalah mewujudkan amanat Perda tersebut secara bertahap,” ujar Yeflin.

Ditemui terpisah Kepala Bidang Pengeloaan Infrastruktur TIK / Penyelenggaraan E-Goverment Diskominfo Sumbar, Widya Prima Hatta mengutarakan bahwa, pada pasal 27 ayat (1) huruf a Perda SBPE disebutkan layanan SPBE terdiri atas layanan administrasi pemerintahan berbasis elektronik.

“Layanan administrasi pemerintahan berbasis elektronik dimaksud meliputi banyak hal, baik di bidang perencanaan, keuangan, pengadaan barang dan jasa, kepegawaian, kearsipan, pengelolaan barang milik negara, pengawasan, akuntabilitas kinerja, dan layanan lain sesuai dengan kebutuhan internal birokrasi pemerintahan,” katanya.

Sementara Kepala Seksi Pengembangan Aplikasi Diskominfo Sumbar, Lizda Handayani mengatakan, saat ini pihaknya telah membangun secara mandiri beberapa aplikasi untuk menunjang operasional birokrasi pemerintahan di lingkungan Pemprov Sumbar, di antaranya aplikasi E-Office atau aplikasi surat menyurat secara elektronik.

“Aplikasi ini dapat digunakan untuk membuat, mendisposisi hingga mengirim surat secara elektronik, tidak lagi menggunakan kertas atau paperless,” ungkap dia.

Disamping itu konsep smart office juga telah diimplementasikan melalui pembangunan aplikasi E-Sign atau aplikasi Izin Perjalanan Dinas secara Elektronik serta aplikasi Absensi Online.

“Targetnya ke depan ASN Pemprov Sumbar tidak lagi disibukkan oleh urusan internal birokrasi pemerintahan, semua tanpa sekat ruang dan waktu, cepat dan tepat, ASN akan fokus melayani masyarakat,” jelas lulusan Magister Komputer Universitas Putra Indonesia ini.

Sumber : ISC/ MMC Diskominfo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here