Beranda Daerah Penambang Emas Tanpa Izin di Sintang Kalbar Makin Merajalela

Penambang Emas Tanpa Izin di Sintang Kalbar Makin Merajalela

855
0
Selamat Hari Jadi Kabupaten Sukabumi Yang Ke -151

Aktivitas Penambang Emas Tanpa Izin (PETI) di Kabupaten Sintang semakin merajalela. Jika sebelumnya, pekerjaan penambangan tersebut jauh dari wilayah pemukiman masyarakat, tapi kini yang tampak semakin merajalela bahkan hanya lima menit dari Mapolres Sintang, tepatnya di Desa Baning Kota dan Kampung Lading.

Sintang, Kalbar | Bahkan lanting lanting penambang PETI tersebut terlihat jelas dari sudut jembatan Melawi kota Sintang, yang sangat membahayakan akan kelangsungan jembatan Melawi kedepanya, serta memancing reaksi negatif dari para masyarakat yang melintas di jembatan sungai Melawi Kota Sintang.

Informasi yang dihimpun, kegiatan PETI di kabupaten sintang sebenarnya sudah terjadi sejak lama sekali, bahkan sebelumnya para penambang PETI tersebut dengan tidak segannya melakukan penambangan yang hanya berjarak 20 meter dari Markas Airud Polres Sintang.

“Ini pasti ada pihak yang membekingi, kalau tidak ada yang membekingi, tak mungkin merajalela seperti itu,” kata HR warga Kabupaten Sintang yang minta namanya tidak ditulis.

HR juga berharap kepada Kapolri dan Kapolda serta kementerian terkait ikut mempertimbangkan dampak negatif dari penambangan emas ilegal tersebut.

Meskipun menurut HR para penambang juga butuh makan dan penghasilan yang layak dengan keterpurukan ekonomi saat ini, hanya bergantung pada logam mulia tersebut lah mereka bisa hidup dengan layak mengimbangi harga harga kebutuhan bahan pokok saat ini, tetapi HR juga mengingatkan kepada aparat dan pemerintah daerah dengan bahaya dampak negatif dari pertambangan tersebut. (Tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here