Beranda Daerah Percepat Diagnosis, Tracing Dan Testing Covid-19, Bupati Purwakarta Resmikan Labkesda

Percepat Diagnosis, Tracing Dan Testing Covid-19, Bupati Purwakarta Resmikan Labkesda

35
0

Purwakarta, Jabar

Untuk mempercepat penegakan hasil diagnosis serta menunjang upaya percepatan pelaksanaan tracing dan testing Covid-19 di wilayah Kabupaten Purwakarta. Pemerintah Daerah setempat telah menyediakan Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) yang berlokasi di Perempatan Jalan RE Martadinata-Jalan Basuki Rahmat, Sindangkasih, Purwakarta.

Dalam agenda peresmian tersebut, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan, fasilitas Labkesda tersebut merupakan upaya Pemda Purwakarta dalam percepatan penangan pandemi Covid-19 serta peningkatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Purwakarta.

“Saya hari ini berada di Labkesda Dinkes Kabupaten Purwakarta meresmikan untuk beroperasinya alat PCR yang dimiliki oleh Labkesda,” ujar Anne didampingi Kadinkes Purwakarta Deni Darmawan yang sekaligus mengenalkan Labkesda Dinas Kesehatan Purwakarta dipimpin oleh dokter Sjaeful, Kamis (19/8/2021).
Bupati Anne juga mengungkapkan rasa syukur yang besar bahwa kini Labkesda Dinkes Purwakarta sudah memiliki alat PCR sendiri, dimana hal ini dapat mempercepat upaya penanganan Covid-19 di Purwakarta. “Hari ini Alhamdulillah, apa yang kita tunggu-tunggu, bahwa Labkesda Dinas Kesehatan Purwakarta memiliki alat PCR. Ini akan mempercepat penanganan dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Purwakarta,” ujarnya.

Di samping alat PCR, Bupati Anne mengungkapkan, fasilitas yang dimiliki laboratorium kesehatan sudah sangat lengkap. Ia berharap dengan ini dapat memberikan layanan kesehatan terbaik kepada masyarakat. “Jadi mudah-mudahan semuanya sehat ya masyarakat Kabupaten Purwakarta,” ujarnya.

Sementara, Kepala UPTD Labkesda Purwakarta, Sjaeful Nugraha menjelaskan, selain PCR, beberapa fasilitas juga tersedia di Laboratorium di antaranya pemeriksaan darah, pemeriksaan urine, pemeriksaan kualitas air, hingga pemeriksaan kualitas makanan.
Terkait dengan PCR, Sjaeful menyebutkan, dengan alat yang dimiliki, Labkesda dalam satu kali pemeriksaan yang berdurasi 4 hingga 5 jam kerja bisa memeriksa 94 sample Covid-19. “Kalau dalam sehari ini kita dua kali running, kita bisa mendapatkan 188 sample Covid-19,” ujarnya.

Sjaeful menambahkan, dengan tersedianya alat PCR di Labkesda dapat lebih menghemat waktu pemeriksaan. Adapun sebelumnya, sample Covid-19 harus dikirim terlebih dahulu ke laboratorium provinsi, yang bisa memakan waktu hingga sampai berhari-hari bahkan hitungan minggu, sebab banyaknya sample yang diperiksa disana.

“Jadi bisa cepat ya sekarang, kalau dalam keadaan normal dengan kapasitas pemeriksaan maksimum 188 sample, hasilnya keluar dalam 1 kali 24 jam,” ujarnya.

Senada disampaikan Kadinkes Deni Darmawan, PCR Swab sangat berguna untuk mempercepat penegakan diagnosis Covid-19. Biasanya memerlukan waktu 3 sampai 7 hari, dengan adanya alat PCR Swab baru di Kabupaten Purwakarta, hanya hitungan jam bisa ada hasil PCR Swab.

“PCR Swab biasanya dikirim ke labkes provinsi. Sekarang bisa langsung diperiksa di Labkes Purwakarta. Ini mempermudah dalam tracing dan testing,” tutup Deni Darmawan. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here