Beranda Daerah Percepat Penanganan Covid-19, PT. NHM Siapkan Satu Unit Mobil PCR Secara...

Percepat Penanganan Covid-19, PT. NHM Siapkan Satu Unit Mobil PCR Secara Mobile Di Wilayah Lingkar Tambang

24
0

Tobelo, Halut

PT. Nusa Halmahera Minerals (PT. NHM) kembali melakukan pengadaan satu unit mobil Polymerase Chain Reaction (PCR) merek Tian Long, guna mempercepat penanganan covid-19 di wilayah lingkar tambang dan Kabupaten Halmahera Utara (Halut). Sebelumnya, PT. NHM juga telah mengadakan mesin PCR yang ditempatkan di RSUD Tobelo dan di Site Gosowong.

“Mobil PCR ini sudah ada diangkut dengan pesawat Hercules dan segera digunakan untuk percepatan penanganan covid-19 di lingkar tambang dan Halut,“ kata Amin Anwar, Perwakilan PT. Indotan Halmahera Bangkit, investor baru PT. NHM, Rabu (17/03/2021).

Amin menjelaskan, pengadaan mobil PCR ini dilengkapi dengan tenaga kesehatan dan sopir, dalam upaya percepatan tes swab untuk deteksi paparan virus corona. “Mobil PCR ini, ditempatkan di Kecamatan Kao,” ujarnya.
Amin pun mengatakan, Presiden Direktur (Presdir) PT. NHM, Haji Robert Nitiyudo Wachjo, sangat serius dalam penanganan pendemi corona virus tersebut.

“Langkah penanganan sudah kami lakukan di site Gosowong, sehingga dengan hadirnya mobil PCR ini kami berharap dapat segera bekerja guna percepatan penanganan memutus mata rantai penyebaran covid-19,” katanya.

Amin berharap, mobil PCR yang memiliki dua mesin bisa mempercepat tes swab dan hasil tes yang dikeluarkan lebih cepat, sehingga mempermudah tenaga kesehatan dalam melakukan tracing covid. Melihat kapasitasnya, mobil PCR bisa melakukan uji hingga 180 sampel per hari.

Adanya mobil PCR ini, maka kapasitas maksimal layanan swab test bisa dimaksimalkan, dengan harapan proses tes swab dengan PCR bisa dilakukan dengan cepat.

“Mari kita bersama-sama memutus mata rantai penyebaran covid-19 di Kabupaten Halut ini, dengan disiplin menjalankan protokol kesehatan, dengan memakai masker, cuci tangan pakai sabun di air yang mengalir dan atur jarak fisik ketika ada di tempat umum,“ pungkasnya. (Roby Pangemanan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here