Peringatan Hari BPD, Pendamping Desa Harus Lebih Dekat Dengan Warganya

0
31
Foto: Bupati Ende, Drs. H. Djafar H. Achmad, M.M., saat menyapa Pendamping Desa di Kabupaten Ende pada puncak Peringatan hari BPD di pantai Bitta Beach Ende.

Dalam rangka memperingati hari lahir Pendamping Desa yang setiap tahunnya dilaksananya pada tanggal 7 Oktober, seluruh pendamping desa di wilayah Indonesia umumnya dan setiap provinsi serta kabupaten menyelenggarakan secara serentak acara masing-masing dimulai sejak tanggal 6 Oktober 2023.

Ende, NTT | Momen puncak Hari Bakti Pendamping Desa (BPD) pada tahun 2023 yang ke-9 di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur yang puncaknya dilaksanakan di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Provinsi Nusa Tenggara Timur dan dihadiri oleh Menteri Desa PDT Republik Indonesia, Abdul Halim Iskandar. Acara puncak Hari Bakti Pendamping Desa yang dilaksanakan di Kabupaten Malaka ini dihadiri pula oleh seluruh perwakilan tim Pendamping Desa masing-masing kabupaten.

Dalam rangka memperingati hari Bahkti Pendamping Desa (BPD) Tahun 2023 para pendamping desa diingatkan harus lebih dekat dengan warganya.

Hal ini disampaikan Menteri Desa PDT, Abdul Halim Iskandar pada penutupan Jambore Pendamping Desa Nasional tahun 2023 di wisata Danau Fatunaususu TTS, Sabtu (7/10/2023).

Lebih lanjut berkaitan dengan acara Hari Lahir Pendamping Desa ini, di wilayah Kabupaten Ende seluruh Tim Pendamping Profesional dari jenjang Pendamping Lokal Desa (PLD), Pendamping Desa (PD) dan Tenaga Ahli (TA) turut mengambil bagian dalam beberapa kegiatan yang dikoordinir oleh Panitia Pelaksana.

Kegiatan yang digelar oleh Tim Pendamping Profesional Kabupaten Ende meliputi Jalan Sehat Sambil Memungut Sampah pada pukul 06.30 WITA, dengan Rute Jalan Eltari-Jalan Nangka-Jalan Rambutan-Jalan Kelimutu-Jalan Gatot Subroto dan finish di Kilometer 3 (tiga) Lorong Bita Beach Ende.

Selain jalan sehat sambil memungut sampah, kegiatan lainpun dilakukan oleh Tim Pendamping melalui permainan-permainan Outbond, yang memiliki makna kerjasama dalam tim untuk menyelesaikan suatu persoalan dalam konteks sebagai Pendamping Desa.
Hari Bakti Pendamping Desa yang ke -9 di Kabupaten Ende tahun 2023 dihadiri oleh Bupati Ende Drs. H. Djafar H. Ahmad, M.Si. Dalam sambutan singkatnya Bupati Ende menyampaikan terimakasih kepada Tim Pendamping Desa yang telah mendampingi desa dan sebagai garda terdepan dalam pembangunan desa melalui Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal. Selanjutnya dalam sambutannya pula Bupati Ende menyampaikan bahwa Pendamping Desa juga harus memperhatikan pendampingan administrasi, dimulai dari Perencanaan, Pelaksanaan, Penatausahaan serta pertanggungjawaban sesuai regulasi yang berlaku dan tepat waktu.

Diakhir sambutannya Bupati Ende H. Djafar Ahmad sebutan akrabnya mengucapkan terimakasih kepada Tim Pendamping Desa di wilayah Kabupaten Ende dari semua jenjang, mulai dari Desa sampai Tingkat Kabupaten atas pendampingan selama ini selama kurang lebih selama 9 tahun.

“Sebagai Bupati Ende, saya mengharapkan bantuan tim pendamping desa untuk terus dan terus mendampingi desa, terlebih khusus dalam mengoptimalkan pontensi yang ada di desa melalui BUMDesa untuk boleh memperoleh Pendapatan Asli Desa nantinya, selain Pades melalui Pendamping Desa untuk terus dan selalu semangat membangun desa di wilayah Kabupaten Ende,” tegasnya.

DARI KOTA PANCASILA SAYA BUPATI ENDE mengucapkan Selamat Hari Bakti Pendamping Desa yang ke- 9. (Damianus Manans)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here