Beranda Daerah Peringatan Hari Jadi Ke-378 Ciamis Berlangsung Sederhana

Peringatan Hari Jadi Ke-378 Ciamis Berlangsung Sederhana

141
0

Di tengah Pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Ciamis merayakan HUT ke-378 Kabupaten Ciamis secara sederhana, Rabu (10/06/2020).

Saat ini kita berada dalam situasi pandemi Covid-19, meskipun dilaksanakan secara sederhana, peringatan hari jadi ke-378 Kabupaten Ciamis harus tetap memberi makna dan semangat bagi kita untuk senantiasa menghargai jasa para pendahulu kita dalam melahirkan Ciamis. – Herdiat Sunarya, Bupati Ciamis –

Ciamis, Jawa Barat | Kabupaten Ciamis akan genap berulang tahun ke-378 pada Jum’at  tanggal 12 Juni 2020. Namun, peringatan itu tidak akan diisi dengan kegiatan semarak seperti tahun-tahun sebelumnya.

Assisten Daerah (Asda) Bagian Pemerintahan sekaligus Ketua Penyelenggara Hari Jadi ke-378 Ciamis, Ika Darmaiswara mengatakan, pada tahun ini HUT ke-378 Ciamis hanya diisi dengan tiga kegiatan, yaitu Ziarah ke makam leluhur Ciamis, Pidato Bupati dengan live streaming dan Rapat Paripurna yang akan diselenggarakan secara virtual.

Hal tersebut dilakukan karena Ciamis kini masih menerapkan program Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di tengah Pandemi Covid-19.

“Saat ini kita dimasa Pandemi Covid-19, oleh karena itu dalam memperingati hari jadi Ciamis, kita tetap melaksanakan kegiatan tapi tidak seperti tahun kemarin yang meriah,” katanya.

“Kita hanya berziarah ke makam leluhur Ciamis, Penyampaian Pidato Bupati secara live streaming dan rapat paripurna secara virtual yang akan diselenggarakan pada Jum’at 12 Juni 2020,” ujar Ika saat diwawancara disela-sela kegiatan ziarah di Makam Astana Gede Kawali, Rabu (10/6/2020).

Ia menjelaskan, saat ziarah ke makam leluhur Ciamis, Raden Adipati Arya Panji Jaya Negara, Makam Raden Tumenggung Wiradi Kusumah, Makam Raden Adipati Arya Kusumah Subrata di Ciamis dan Makam Astana Gede di Kawali, seluruh pejabat Forkopimda turut andil dalam pelaksanaan kegiatan tersebut.

Kegiatan tersebut, sudah menjadi tradisi dari tahun ke tahun dalam peringatan Hari Jadi Kabupaten Ciamis.

Sementara, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menyampaikan, kegiatan inti yang menjadi tradisi setiap tahunnya seperti ziarah dan rapat paripurna tetap dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan menerapkan physical distancing.

“Saat ini kita berada dalam situasi pandemi Covid-19, meskipun dilaksanakan secara sederhana, peringatan hari jadi ke-378 Kabupaten Ciamis harus tetap memberi makna dan semangat bagi kita untuk senantiasa menghargai jasa para pendahulu kita dalam melahirkan Ciamis,” jelas Bupati.

Pantauan media ini kegiatan ziarah kubur dalam rangka hari jadi Kabupaten Ciamis ke 378, diikuti perwakilan Forkopimda Kabupaten Ciamis.

Hadir dalam kegiatan tersebut,Bupati Ciamis Dr H.Herdiat Sunarya,Wabub Ciamis Yana D Putra, Ketua DPRD Kab.Ciamis, Nanang Permana SH, Dandim 0613/Ciamis, Letkol.Arm Tri Arto Subagio, Kapolres Ciamis, AKBP. Dony Eka Putra S.IK.,MH, Kejari Ciamis, Sri Respatini SH.,M.Hum, Ketua Pengadilan Negeri Ciamis, Ketua Pengadilan Agama Ciamis, Ketua Tim Penggerak PKK Kab Ciamis, serta para kepala SKPD Kab.Ciamis. (Muhamad Rifa’i)

Sumber : Humas Pemkab Ciamis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here