Beranda Daerah Peringati Hari Air Dunia, Wamen PUPR Beserta Wabup Blora Tebar Benih Ikan...

Peringati Hari Air Dunia, Wamen PUPR Beserta Wabup Blora Tebar Benih Ikan Dan Tanam Pohon

38
0

Blora, Jateng

Bendungan Randugunting, yang terletak di Kecamatan Japah, Blora, menjadi tempat Peringatan Hari Air Dunia (HAD) Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI, Rabu (30/3/2022).

Hari Air Dunia (HAD) tahun ini mengusung tema internasional “Groundwater Making the Invisible, Visible”.

Tema internasional tersebut kemudian diadaptasi dalam tema nasional, yakni MANTAB : ‘Melestarikan Air Tanah Agar Berkesinambungan’

Wakil Menteri PUPR John Wempi Wetipo, SH., MH., hadir secara langsung dalam acara peringatan tersebut. Selain itu, peringatan tersebut juga dilakukan secara virtual diikuti oleh seluruh balai dan jajaran di seluruh Indonesia.

Pada kesempatan itu, mewakili Bupati Blora, Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, ST., MM., turut hadir mendampingi dan mengikuti rangkaian peringatan tersebut.
“Peringatan HAD ke-30 merupakan upaya bersama untuk meningkatkan perhatian publik dan masyarakat internasional akan pentingnya air tanah bagi kehidupan, untuk selanjutnya bersama sama melindungi pengelolaan sumber daya air secara berkelanjutan,” ucap Wakil Menteri.

“Peringatan ini juga merupakan bagian dari kampanye dari rumah ke rumah untuk meningkatkan kesadaran akan menjaga air, untuk menghindari kerusakan lingkungan,” tambahnya.

Dikatakannya, saat ini masih banyak kelompok masyarakat yang belum mendapatkan hak atas air. Sehingga kita perlu upaya-upaya untuk menjaga ketersediaan air untuk masa depan generasi kita.

John Wempi berharap, peringatan hari air dunia ke 30 merupakan momentum untuk mengajak generasi milenial turut berperan aktif menjaga air tanah.

“Diharapkan membentuk pemahaman dan kesadaran masyarakat bahwa mereka tidak hanya memiliki hak sebagai pengguna air tetapi juga turut andil dan bertanggungjawab serta wajib memberikan kontribusi memelihara alam dan lingkungan,” ucapnya.

Setelah rangkaian acara seremoni, Wakil Menteri John Wempi, dan Wakil Bupati Blora melakukan penebaran benih ikan serta dilajutkan dengan penanaman pohon Jati dan lainnya, di kawasan Bendungan Randugunting.

“Penghijauan ini dilakukan untuk mendukung kapasitas dalam rangka hari air dunia ke 30, semua balai melaksanakan hal yang sama tetapi dipusatkan di bendungan Randugunting,” paparnya. (Sujono)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here