Peringati Hari Juang TNI AD, Kodim Sintang Gelar Ziarah Rombongan di TMP Syuhada Pertiwi

0
15

Kodim 1205/Sintang menggelar Ziarah Rombongan dalam rangka memperingati Hari Juang TNI AD. Kegiatan ini dilaksanakan di Taman Makam Pahlawan Syuhada Pertiwi Sintang, Kamis (14/12/2023).

Sintang, Kalbar // Ziarah yang dipusatkan di TPM Syuhada Pertiwi Sintang ini, diikuti oleh seluruh jajaran Korem 121/Abw di wilayah Sintang beserta Persit.

Selain itu kegiatan Upacara Ziarah Rombongan yang dilaksanakan tepat pada pukul 08.00 WIB ini juga diikuti oleh sejumlah pejabat utama di lingkungan Korem 121/ABW, personil Yonif 642/ Kapuas, Kodim 1205 Sintang, serta Kabalak Ajurem 121/ABW beserta ibu-ibu Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 121/ABW yang tersusun dalam pasukan upacara.
Kasrem 121/ABW Kolonel Inf. Soelistyo Bawono selaku Inspektur Upacara dalam amanatnya menyampaikan bahwa kegiatan ziarah yang dilaksanakan kali ini merupakan rangkaian dalam memperingati hari juang TNI AD.

“Melalui kegiatan ini pula kita dapat memaknai momen penting untuk mengenang pengorbanan para pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa dan raganya demi mempertahankan kemerdekaan dan kedaulatan bangsa Indoneseia,” ungkap Kasrem.

Dikatakan Kasrem, kegiatan ziarah ini menjadi salah satu kegiatan penting dalam rangkaian peringatan Hari Juang TNI AD, yang mana dalam kegiatan ini hendaknya dapat dijadikan sebagai manifestasi rasa hormat dan wujud penghargaan kepada para pendahulu yang dengan segenap jiwa dan raga rela berkorban mempertahankan dan menjaga tetap tegaknya NKRI.
“Kita berharap melalui kegiatan ziarah ini mampu menghadirkan keteguhan mendalam bagi kita peserta upacara sekalian dalam meresapi nilai-nilai tersebut, sehingga mampu menginisiasi dan menjadi bahan perenungan dalam pengabdian kepada bangsa dan negara,” ucap Kasrem.

“Kegiatan ziarah ini memiliki tujuan untuk menghormati dan mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur dalam perjuangan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sebagai generasi penerus, sudah sepatutnya memberikan penghargaan dan penghormatan yang layak untuk para pahlawan yang telah mendahului kita,” pungkas Kasrem 121 Kolonel Inf. Soelistyo Bawono.

Selain itu, dalam kegiatan ziarah yang berlangsung dengan tertib dan khidmat itu, juga dilaksanakan peletakan karangan bunga pada Tugu Makam Pahlawan, dilanjutkan tabur bunga oleh seluruh peserta ziarah di pusara para pahlawan kusuma bangsa, yang dipimpin Kasrem 121/Abw selaku pimpinan rombongan. (Abdullah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here