Beranda Angkatan Laut Perkuat Keamanan Laut Komandan Lanal Sabang Terima Kapal Perang KAL IBOIH

Perkuat Keamanan Laut Komandan Lanal Sabang Terima Kapal Perang KAL IBOIH

136
0

Komandan Lanal Sabang,  Kolonel Laut (P) Agus Darmawan,SE,M.Tr, Hanla, menerima Kapal Angkatan Laut (KAL) yang bernama IBOIH (IBH) I-1-71, di Dermaga Lanal Sabang Jalan Malahayati Kota Sabang. Penerimaan KAL IBOIH turut dihadiri Forkopimda Kota Sabang.

Mudah-mudahan dengan hadirnya KAL IBOIH, khususnya perairan Sabang dan juga Aceh bisa mengendalikan dan mengamankan perairan yang ada di sekitar wilayah Lanal Sabang. “Komandan Lanal Sabang, Kolonel Laut (P) Agus Darmawan SE., M.Tr.Hanla”

Sabang, Aceh | Kedatangan KAL IBOIH tersebut disambut dengan protokol Covid-19 dari RSAL J. Lilipory sebagai bentuk dari pencegahan penyebaran Virus Covid-19 di Kota Sabang.

Hadir pada acara penerimaan KAL IBOIH antara lain Komandan Lanal Sabang, Kolonel Laut (P) Agus Darmawan SE., M.Tr.Hanla, Sekdako Sabang, Drs Zakaria MM, Dandim 0112 Sabang Letkol Czi Adang Purnama, Dansatrad 233 Sabang, Letkol Lek Firmansyah, Danlanud MUS diwakili Ka Intel Lanud MUS, Kapten Sus Wawi Agusli Unang D, Danlanudal Sabang, Letkol Laut (T) Sunarto dsn Kafasharkan Sabang, Letkol Laut (T) Ivan Safari Kurniawan.

Selain itu, Kapolairud Polres Sabang, Iptu Nasution, Wakil Kepala plt BPKS, Islamuddin,ST, Wakil Ketua I DPRK Sabang Armadi, KadisNav kelas II Sabang, Wagino, Kajari Sabang diwakili JPU Muhammad Rizza, KKP Kelas III Sabang diwakili Kasie Pengendalian Resiko Lingkungan & Kesehatan Lintas Wilayah, Yusri, SKM.M.Kes, KSOP Sabang Sutarmo SH dan Kabasarnas Kota Sabang, Armen Siregar.

Dalam penyambutan yang sederhana dan seremonial itu, diawali dengan Laporan Komandan KAL lboih (IBH) I-1-71 Kapten Laut (P) Surya Dharma kepada Komandan Lanal Sabang, Kolonel Laut (P) Agus Darmawan SE., M.Tr.Hanla serta pengalungan bunga dan disambut dengan tarian daerah “Ranub Lampuan”.

Komandan Lanal Sabang Kolonel Laut (P) Agus Darmawan,SE,M.Tr, Hanla dalam sambutannya menyampaikan, dengan adanya KAL IBOIH, terutama diperairan Aceh khususnya Sabang, para mafia-mafia internasional tidak menjadikan jalur pelayaran ini sebagai pelintasan mereka untuk melakukan aksi kejahatan.

Pun demikian tentunya kita tetap harus berupaya untuk melakukan pendeteksian seawal mungkin, khususnya terhadap target-target baru yang memang selama ini sering melintas dan melewati perairan wilayah ini.

Sebagaimana diketahui bahwa wilayah perairan barat ini memiliki tiga batas negara yaitu di India khususnya Andaman kemudian Thailand dan Malaysia segitiga inilah yang sering dimanfaatkan oleh mafia internasional terutama kartel-kartel narkoba yang sering melakukan transaksi

“Hal tersebut seperti disampaikan pihak Badan Narkotika Nasional, bahwa kerap digunakan sebagai lintasan bagi mafia pelaku kejahatan transaksi narkoba. Maka, dengan bertambahnya kapal tentunya, akan lebih memperkuat keamanan perairan laut wilayah barat Sumatera ini,” kata Kolonel Agus.

Kemudian jelas Danlanal, dari Konsulat Jenderal Indonesia yang ada di India, Sri Lanka, Malaysia maupun Thailand ini mungkin sama sekali tidak pernah kita sadari karena kita selama ini hidup di pulau yang berputar dengan aktivitas pulau sehari-hari sebagai pulau wisata.

“Namun begitu, besar harapan kita semua ke depan dengan adanya KAL IBOIH ini, dapat kita jadikan perairan Aceh, sebagai perairan yang bebas dari berbagai kegiatan-kegiatan ilegal,” jelasnya.

Sementara itu, Komandan KAL lBOIH (IBH) I-1-71 Kapten Laut (P) Surya Dharma menerangkan, KAL IBOIH mempunyai 15 personil, 3 Perwira, 5 Bintara dan 7 Tamtama.

Maka itu, atas nama Komandan KAL IBOIH beserta anggota mengucapkan terima kasih dan izin bergabung bersama dengan unsur-unsur Forkopimda lainnya yang ada di Kota Sabang.

“Mudah-mudahan dengan hadirnya KAL IBOIH, khususnya perairan Sabang dan juga Aceh bisa mengendalikan dan mengamankan perairan yang ada di sekitar wilayah Lanal Sabang,” pungkasnya.

Reporter : Jalaluddin Zky

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here