Polda Kepri Raih Prestasi Keterbukaan Informasi Publik di Era Digital 4.0

0
6

Di era digital saat ini tentang keterbukaan informasi publik, Kabidhumas Polda Kepri Kombes. Pol. Zahwani Pandra Arsyad, S.H., M.Si., penuhi undangan dari redaksi JAKTV dalam rangka melakukan wawancara bersama Direktur Pemberitaan JAKTV, Tian Bahtiar yang bertempat di kantor JAKTV, Jakarta, Sabtu (2/12/2023).

Batam, Kepri // Dalam kesempatan tersebut Kabidhumas Polda Kepri, Kombes. Pol. Zahwani Pandra Arsyad, S.H., M.Si., menyampaikan pengalamannya dalam melakukan pengelolaan informasi publik, manajemen isu dan kiat sukses menjalin kerjasama dengan insan media di wilayah Polda Kepri.

Hal ini sebagai bentuk keberhasilan dari Polda Kepri yang tempo hari tepatnya pada hari Kamis, 23 November 2023, Polda Kepri yang diwakili oleh Kabidhumas Polda Kepri Kombes. Pol. Zahwani Pandra Arsyad, S.H., M.Si., menerima penghargaan membanggakan dari Kominfo Kepri berupa anugerah penghargaan Keterbukaan Informasi Publik Tingkat Provinsi Kepri Tahun 2023 untuk kategori Badan Publik Vertikal Tingkat Provinsi, sebagai Badan Publik Informatif.
Lebih lanjut Kabidhumas Polda Kepri Kombes. Pol. Zahwani Pandra Arsyad, S.H., M.Si., menyampaikan bahwa dari 131 publik yang mengikuti e-monev tersebut, hanya 18 badan publik yang masuk nominasi, yang mana salah satunya ialah Bidumas Polda Kepri yang terpilih sebagai penerima penghargaan Badan Publik Informatif.

“Dalam mengikuti arus perkembangan zaman, insititusi Polri sudah beralih ke digitalisasi melalui aplikasi revolusioner yang dikembangkan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia, dalam rangka menghadapi era digital 4.0 serta meningkatkan kolaborasi dan langkah-langkah keamanan. Hal ini salah satu contohnya adalah adanya Aplikasi Super Apps Presisi Polri, dimana memiliki 13 bentuk layanan utama kepolisian kepolisian yang dapat diakses masyarakat dengan mudah, yaitu meliputi informasi daerah rawan, pengaduan masyarakat, pengurusan SIM, STNK dan SKCK secara online, informasi e-Tilang; hingga informasi mengenai Pos Polisi. Aplikasi ini bertujuan untuk menyederhanakan dan memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan prima dari kepolisian terhadap aduan dan laporan dari masyarakat, terlebih Polri Super App ini juga sebagai bentuk realisasi komitmen Polri untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dan mewujudkan pelayanan publik Polri yang terintegrasi,” ucapnya.

“Terakhir tidak lupa saya ingin berterimakasih kepada para awak media karena adanya penghargaan yang didapat oleh Bidhumas Polda Kepri ini tidak lepas dari adanya peranan dari para wartawan sebagai mitra strategis dalam kunci keberhasilan komunikasi Polri terhadap Masyarakat. Saya berharap, kemitraan dan silaturahmi antara Bidhumas Polda Kepri bersama awak media kedepannya akan semakin erat serta dapat membantu Polri dalam memberantas berita Hoax yang beredar di kalangan masyarakat,” tutupnya. (Ariyanto Nainggolan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here