Beranda Polda Polda Kepri Sidak Ke Pasar Dan Swalayan Terkait Dengan Distribusi, Ketersediaan, Stabilisasi...

Polda Kepri Sidak Ke Pasar Dan Swalayan Terkait Dengan Distribusi, Ketersediaan, Stabilisasi Harga Dan Daluarsa Produk Pangan

16
0

Batam, Kepri

Jelang hari besar umat Islam Hari Raya Idul Fitri 1443 H/2022, maka seluruh instansi terkait biasanya melakukan sidak ke pasar dan swalayan guna mengecek bahan pangan dan harga agar selalu stabil (normal).
Untuk menghindari hal tersebut, Polda Kepri lakukan sidak Pasar dan Swalayan berkaitan dengan distribusi, ketersediaan, stabilitas harga dan daluarsa produk pangan menjelang hari raya Idul Fitri 1443 H/2022 di wilayah Botania 2, pada hari Rabu (27/4/2022).

Kegiatan sidak pasar hari ini juga dihadiri oleh Kadisperindag Kota Batam DR. H. Gustian Riau, BSc., M.Sc., M.Si., Kepala BPOM Kota Batam Bagus Heri Purnomo, S.SI., Apt., Kasubdit I Indag Ditreskrimsus Polda Kepri Kompol Farouk Oktora, S.H., S.I.K., Kanit Subdit I Indag Kompol Juwita Oktaviani, S.I.K., dan Personil Subdit I Indag Ditreskrimsus Polda Kepri.
Kasubdit I Indag Ditreskrimsus Polda Kepri Kompol Farouk Oktora, S.H., S.I.K., dihadapan sejumlah wartawan Rabu (29/04) mengatakan, kegiatan sidak ini bertujuan untuk menjaga distribusi, ketersediaan, stabilitas harga dan kadaluarsa produk pangan menjelang hari raya Idul Fitri 1443 H/2022 di wilayah Kepri.

“Kegiatan sidak kali ini melakukan pengecekan di Pasar basah, kios-kios di dalam pasar, grosir-grosir dan Hypermart di Mall Botania 2 Kota Batam. Dari hasil pengecekan tersebut ditemukan beberapa produk makanan yang sudah expired, mendekati expired dan kemasan yang penyok masih di pajang.

Kasubdit I Indag Ditreskrimsus Polda Kepri Kompol Farouk Oktora, S.H., S.I.K., menjelaskan, dengan temuan tersebut diberikan himbauan dan peringatan untuk tidak dipajang terhadap produk makanan yang sudah expired, dan terhadap makanan yang mendekati expired 1 atau 2 bulan untuk diturunkan dan koordinasi dengan distributor untuk barang yang dapat dikembalikan, serta dilakukan pemusnahan terhadap barang yang tidak dapat dikembalikan.
“Berdasarkan pemantauan dan pemeriksaan secara umum distribusi, ketersediaan, stabilitas harga pangan serta keamanan akan pangan dari bahan berbahaya dan daluwarsa, masih dalam keadaan aman, normal dan stok mencukupi dalam rangka menyambut Lebaran 1443 H/2022 di wilayah hukum Polda Kepri,” ujarnya.

“Satgas pangan Polda Kepri dan jajaran akan selalu melakukan monitoring bahan pokok pangan setiap harinya. Selain itu Satgas Pangan juga membuka Hotline Satgas Pangan apabila ada masyarakat yang akan melakukan pengaduan berkaitan dengan pangan melalui No HP. 081364049109,” tutupnya.

Pantauan media ini di lapangan, masih ada pengusaha nakal yang tidak mau menanggung beban atas kerugian barang yang kadaluarsa maka tetap dipajang agar barang tersebut bisa menghasilkan uang bila sudah dibeli masyarakat. Dengan sidak yang dilakukan pihak Polda Kepri, semoga para pengusaha dapat mengikuti aturan sesuai yang diterapkan melalui perundang-undangan yang berlaku di tanah air tercinta ini. (Aroyanto Nainggolan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here