Beranda Daerah Polisi Dan TNI Gelar Simulasi Pengamanan Kunker Presiden Di Ende

Polisi Dan TNI Gelar Simulasi Pengamanan Kunker Presiden Di Ende

6
0

Ende, NTT

Kepolisian dan TNI mematangkan pengamanan terkait rencana kunjungan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Kabupaten Ende pada 1 Juni 2022 mendatang.

Kedatangan orang nomor satu di Indonesia tersebut untuk menghadiri Upacara Peringatan Hari Lahir ( Harlah) Pancasila 1 Juni.
Pemantapan pengamanan dilakukan dengan menggelar simulasi, Sabtu, (14/5/2022). Dalam simulasi yang melibatkan personil Polisi, TNI dan pemerintah setempat disaksikan langsung Tim Badan Pembina Ideologi Pancasila ( BPIP), Sekretariat Militer Kepresidenan ( Setmilpres) yang dipandu langsung oleh Kolonel Ariwibowo sebagai Tim dari Korgartap.

Kolonel Ariewibowo selaku Komandan Korgartap pengamanan kunker Presiden mengatakan, simulasi ini untuk memastikan prosesi kunker Presiden di Kabupaten Ende berjalan aman dan lancar. Setiap personil baik Polisi maupun TNI telah berbagi tugas sesuai dengan pos masing-masing.

“Pengamanan dilakukan sepanjang rute kunjungan presiden,” kata Arie Wibowo.

Untuk Polres Ende dan Kodim 1602 Ende menurunkan Personil yang akan ditempatkan di Pos Pengamanan Bandara Haji Hasan Aroeboesman dan sepanjang rute yang akan dilalui rombongan. Mereka bertugas untuk mengantisipasi gangguan yang muncul saat rombongan kunker melintas. Dengan rute, Bandara – Jalan Achmad Yani – Jalan Kathedral – Jalan Sokarno dan sampai di Lapangan Pancasila, tempat dimana diselenggarakannya Upacara Peringatan Harlah Pancasila.

Warga Masyarakat Kota Ende Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), antusias  menyaksikan simulasi pengamanan kunjungan kerja (kunker) Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke kota Ende yang digelar pada Sabtu (14/5/2022) tersebut.

Pantauan Bhayangkarautama.com., pada Sabtu pagi, ratusan warga Kota Ende berjubel menyaksikan aparat TNI-Polri melakukan simulasi di sepanjang jalan yang akan dilalui Jokowi pada kunjungan 1 Juni mendatang yakni, Lampu Lima pintu masuk Bandara, Jalan Achmad Yani, Jalan Kathedral, Jalan Soekarno dan Lapangan Lancasila.

Demikian juga, calon penumpang pesawat udara di Bandara Haji Hasan Aroeboesman Ende, antusias menyaksikan TNI-Polri melakukan simulasi pengamanan kunjungan kerja Presiden Jokowi beserta rombongan.

Presiden Jokowi beserta rombongan dijadwalkan tiba di Bandara Haji Hasan Aroeboesman Ende, pada pukul 08.00 WIB.

 

Sementara itu kondisi keamanan, menjelang kedatangan Presiden Jokowi ke Kota Ende berjalan kondusif dan terkendali.

Salah seorang warga Kota Ende, Syhafrudin, mengatakan penasaran ingin melihat aparat TNI-Polri bersenjata lengkap dalam mengamankan Presiden.

“Saya ingin sekali melihat pemandangan yang langka dan ingin melihat aparat bersenjata lengkap melakukan pengamanan Presiden dan pejabat negara lainnya,” ujarnya.

Selama ini, kata dia, kami hanya melihat pengamanan presiden di televisi saja.

“Saya ingin menyapa dan berjabat tangan dengan Presiden Jokowi,” katanya.

Demikian juga, Heny, salah seorang calon penumpang pesawat udara di Bandara Haji Hasan Aroeboesman Ende, Ia mengaku ingin sekali melihat aparat TNI-Polri berpakaian dan bersenjata lengkap, seperti di televisi.

“Kami salut dan senang, apalagi melihat aparat penembak jitu yang bersenjata lengkap seperti di flim-flim,” katanya. (Damianus Manans)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here