Beranda Bhayangkara Polres Ciamis : “Hari Ke 10 Operasi Patuh Lodaya Satlantas Hanya Menindak...

Polres Ciamis : “Hari Ke 10 Operasi Patuh Lodaya Satlantas Hanya Menindak 32 Pelanggar”

23
0

Pelaksanaan Operasi Patuh Lodaya 2020 tingkat Polres Ciamis memasuki hari ke sepuluh. Di hari kesepuluh tersebut, jajaran Satlantas Polres Ciamis laksanakan operasi di Jalan Raya Pangandaran, Jawa Barat, Sabtu (01/08/2020).

“Tidak hanya tindakan langsung atau tilang, kami juga memberikan teguran kepada pengendara agar tertib berlalu lintas. Setiap harinya tidak kurang dari 100 pengendaran kami berikan teguran,” – Kasat Lantas Polres Ciamis, AKP Sofyan Efendi, SH –

Pangandaran, Jabar |BU| Puluhan personel Satlantas diterjunkan untuk melaksanakan Operasi Patuh Lodaya 2020. Dengan dibantu personel Subdenpom dan Dinas Perhubungan, mereka melakukan pemeriksaan pada setiap kendaraan yang melintas di sepanjang Jalan Raya Pangandaran.

Kasat Lantas Polres Ciamis, AKP Sofyan Efendi, SH., mengatakan, “di hari kesepuluh pelaksanaan Operasi Patuh Lodaya 2020, Satlantas Polres Ciamis menindak puluhan pengendara yang melanggar. Mereka diberikan tindakan langsung atau tilang oleh para petugas dilapangan,” ujar Kasatlantas.

“Sebanyak 32 pelanggar kami lakukan penilangan. Tindakan langsung hari ini merupakan penindakan paling rendah, dimana penindakan langsung paling sedikit terjadi pada pelaksanaan operasi di hari keempat sebanyak 54 pelanggar,” imbuhnya.

Penurunan pelanggar yang ditilang langsung, kata Kasatlantas, menandakan tingkat kesadaran masyarakat untuk patuh dalam berlalu lintas sudah mulai tinggi. Dan ini yang menjadi target daripada operasi patuh sehingga tingkat fatalitas dijalan juga ikut menurun.

“Tidak hanya tindakan langsung atau tilang, kami juga memberikan teguran kepada pengendara agar tertib berlalu lintas. Setiap harinya tidak kurang dari 100 pengendaran kami berikan teguran,” katanya.

Kasatlantas mengimbau bagi pengguna jalan agar persiapkan surat-surat berupa SIM dan STNK serta kelengkapan kendaraan bermotor sebelum berangkat. Tentunya juga patuhilah peraturan lalu lintas, budayakan sopan santun dan etika berlalu lintas di jalan dengan baik serta pakailah helm SNI dan hindari berboncengan tiga.

“Selain itu pasang sabuk pengaman,dan perhatikan batas kecepatan. Jika mabuk jangan berkendara. Anak dibawah umur dilarang nyetir kendaraan bermotor. Utamakan keselamatan baik diri anda maupun pengguna jalan yang lain,” imbaunya.

Untuk diketahui, tegas Kasat Lantas menjelaskan, Operasi Patuh Lodaya tingkat Polres Ciamis tahun ini memang agak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dimana kali ini para petugas dilapangan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

“Kami perintahkan semua personel yang bertugas untuk menerapkan protokol kesehetan, dimana saat pemeriksaan kendaraan para pengendara di buat tidak berkerumun. Para petugas juga menggunakan masker,” pungkasnya. (Muhamad Rifa’i)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here