Beranda Polres Polres Halmahera Utara Rilis Kasus Pencurian Kendaraan Bermotor Roda Dua

Polres Halmahera Utara Rilis Kasus Pencurian Kendaraan Bermotor Roda Dua

32
0

Halut, bhayangjarautama.com

Kapolres Halmahera Utara, AKBP Mohamad Zulfikar Iskandar, S.I.K., didampingi Wakapolres Kompol Andreas A.F, S.I.K., Kabag Ops AKP Johanis S. Aipipidely, dan Kasat Reskrim Polres Halut, Iptu Elvin Septian Akbar, menggelar Press Conference kasus pencurian kendaraan bermotor roda dua, yang melibatkan AT (17), AG (14) dan CT (16), dan TM (24) seorang terduga pelaku pencurian Handpone disertai kekerasan, Kamis (09/2/2023).

Dalam keterangan konferensi pers,
Kapolres Halut AKBP Moh Zulfikar Iskandar mengatakan, setelah mengetahui dan menerima laporan pengaduan dari masyarakat sejak Juni 2022 sampai Januari 2023, pihaknya langsung memerintahkan Kasat Reskrim untuk menindaklanjuti laporan polisi tersebut.

Dari hasil pengembangan, pada tanggal 6 Januari 2023 tim Resmob berhasil mengamankan tiga orang tersangka pelaku pencurian kendaraan bermotor roda dua, masing-masing masing-masing AT (17), AG(14) dan CT (16) beserta barang bukti enam unit kendaraan bermotor roda dua.

Zulfikar bilang, untuk pelaku CT telah dilakukan Diversi dan sudah dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Tobelo. CT terbukti melakukan tindak pidana pencurian dan dikenakan Pasal 363 ayat 1 Subsider Pasal 362 KUHP.

“Sedangkan pelaku AT telah terbukti melakukan tindak pidana pencurian dan dikenakan Pasal 363 ayat (1) ke-3 dan ke-4 Subsidier Pasal 362 Jo Pasal 55 KUHP. Selanjutnya, pelaku berinisal AL juga telah terbukti melakukan tindak pidana pencurian denga Pasal 363 ayat (1) ke-5 Subsidier Pasal 362 KUHPidana. Ketiga pelaku ini masih dibawah umur,” terang Kapolres.

Dari hasil pemeriksaan, ternyata modus operandi para pelaku ini dikarenakan orangtua dari mereka pernah mengalami kehilangan motor, dari situlah para pelaku ingin membalas perbuatan dengan mencuri motor milik masyarakat dan digunakan untuk bersenang-senang.

“Saya selaku kepala satuan wilayah Polres Halut menghimbau kepada seluruh masyarakat, stakeholder tokoh masyarakat, tokoh pemuda di Halut agar selalu mengamankan saat memarkir kendaraan kita,” himbaunya.

Kapolres menambahkan bahwa pihak Polres Halmahera Utara bakal melakukan langkah-langkah kamtibmas. Anggota akan berkeliling, terutama pada jam-jam malam di tempat-tempat rawan tindakan kriminal dan juga himbauan kamtibmas kepada masyarakat.

Sementara itu Kasat Reskrim Polres Halut, Iptu Elvin Septian Akbar membenarkan bahwa para terduga pelaku CT dan AT itu untuk laporan polisi nomor 51, sedangkan untuk AG laporan polisi nomor 52. Atas dasar laporan dari para korban, maka Polres Halut dibantu oleh unit Resmob Canga melakukan pengembangan dan penangkapan. (Roby Pangemanan)

BACA JUGA :  Redam Kasus Penggelapan 12 Kg Sabu, Pengacara Ditawari Rp 3 M

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here