Beranda Bhayangkara Polres Madina Gelar Apel Kesiapan Satgas Penanggulangan Bencana Alam Tahun 2020

Polres Madina Gelar Apel Kesiapan Satgas Penanggulangan Bencana Alam Tahun 2020

78
0

Apel Kesiapan Satgas Penanggulangan Bencana Alam tahun 2020 digelar di Kabupaten Mandailing Natal (Madina), dalam rangka menindaklanjuti surat Menteri Dalam Negeri nomor : 360/131/SJ tanggal 7 Januari 2020 hal antisipasi dan kesiap siagaan menghadapi bencana, di halaman Mapolres Madina dipimpin Bupati Madina Drs Dahlan Hasan Nasution, Kamis (09/01/2020).

Madina, Sumut | Hadir dalam acara tersebut Kapolres Mandailing Natal, AKBP Irsan Sinuhaji S.I.K, M.H, Dandim 0212/TS, Letkol. Inf. Akbar Novrizal Yusananto, Kepala BPBD Madina, M. Yasir Nasution, SP.dI, Para Pimpinan OPD Pemkab Madina, Pejabat Utama Polres Madina, Ketua Komisi I DPRD Madina, Sobir Lubis, SH, KNPI Madina, Okp, Ormas dan Tokoh Masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Madina Drs Dahlan Hasan Nasution menyampaikan, Mengingat Kabupaten Mandailing Natal merupakan daerah yang rawan beragam potensi ancaman bencana mulai dari potensi banjir, tanah longsor, gempa bumi, letusan gunung Sorik Merapi, tsunami, angin puting beliung serta potensi kebakaran lahan dan hutan Bupati meminta kepada semua pihak agar mengambil langkah seperti membentuk posko kesiap siagaan bencana pada masing-masing OPS/instansi/lembaga terkait.

“Selain itu kepada semua instansi terkait juga diminta untuk melakukan pemantauan secara cermat terhadap informasi cuaca dan peringatan dini dari BMKG serta menyiagakan personel serta menyiapkan sarana dan prasarana dan peralatan masing-masing,” ujarnya.

Bupati menyebutkan, untuk penanggulangan bencana di kabupaten itu, “Pemerintah Daerah sendiri telah melaksanakan upaya penanggulangan semaksimal mungkin ketika ada bencana, seperti posko kesiap siagaan bencana selama 24 jam,” imbuhnya.

Usai apel siaga dilaksanakan kegiatan dilanjutkan dengan simulasi penanganan bencana alam oleh PMI dan BPBD serta Pertamina, PMI Mandailing Natal memperagakan memberikan pertolongan pertama terhadap korban bencana alam yang masih hidup dan peragaan simulasi evakuasi pohon tumbang yang ditampilkan oleh BPBD Madina, dilanjutkan dengan simulasi penggunaan tabung gas yang baik yang dicontohkan oleh pihak Pertamina.

Selain simulasi kegiatan ini juga menghadirkan kendaraan dinas dan alat berat serta perahu karet sebagai tanda kesiapsiagaan TNI-POLRI dan Instansi dalam menghadapi kejadian bencana alam di Madina. Bupati Madina dan Forkompimda melakukan pengecekan sarana prasarana pendukung kesiapan satgas penanggulangan bencana alam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here