Beranda Daerah Polres Nagan Raya Tangkap Pemuda Riau dan Sumut Yang Edarkan Uang Palsu...

Polres Nagan Raya Tangkap Pemuda Riau dan Sumut Yang Edarkan Uang Palsu Di Aceh

30
0

Banda Aceh, NAD

Dua pemuda asal Provinsi Riau dan Sumatera Utara (Sumut), datang ke Aceh khusus untuk mengedarkan uang palsu, namun naas bagi mereka karena pihak Sat Reskrim Polres Kabupaten Nagan Raya, keburu menangkap pelaku.

Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polres Nagan Raya, Polda Aceh dengan cepat berhasil menangkap dua orang yang mencoba melakukan peredaran uang palsu di kawasan Aceh Barat Selatan. Penangkapan tersebut dilakukan setelah sebelumnya diketahui bahwa pelaku sudah mengedarkan uang tidak sah tersebut.

Kapolres Nagan Raya, Polda Aceh AKBP Risno, S.I.K., melalui Kasat Reskrim AKP Machfud, S.H., M.M., membenarkan bahwa pihaknya telah mengamankan dua tersangka yang mengedarkan uang palsu di kawasan Aceh bagian barat – selatan.

“Benar kami telah mengamankan dua pelaku masing-masing, Iwan Taufik (42), warga Desa Melayu Kota Piring, Kecamatan Tanjung Pinang Timur, Kabupaten Tanjung Pinang, Provinsi Kepulauan Riau, dan Jamal (38) warga Desa Lalang, Kecamatan Rambutan, Kabupaten Tebing Tinggi, Provinsi Sumatera Utara,” jelas AKP Machfud, Jumat (14/05/21).

Machfud menerangkan, keduanya ditangkap saat sedang berada di Mesjid Gampong Blang Muko, Kecamatan Kuala, Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, pada Selasa (11/5/2021) lalu.

Kedua tersangka diringkus Sat Reskrim Polres Nagan Raya, sesuai laporan dari pihak Polres Aceh Barat, yang mana diketahui bahwa ada orang yang melakukan tindak pidana peredaran uang palsu di Aceh Barat dan pelakunya sedang menuju Kabupaten Nagan Raya.

Berdasarkan laporan tersebut, Tim Unit V Opsnal Sat Reskrim Polres Nagan Raya langsung bergerak untuk mencari keberadaan kedua pelaku, sesampai di jalan Gampong Blang Muko, Kecamatan Kuala, Tim Opsnal melihat mobil pelaku yang terparkir di halaman Mesjid Blang Muko.

Kemudian dengan sigap menangkap kedua pelaku tanpa perlawanan, usai diperiksa awal dilokasi kemudian pelaku diboyong ke Mapolres Nagan Raya, guna proses penyidikan lebih lanjut.

Dari pemeriksaan awal diketahui kedua pelaku pada tanggal 05 Mei 2021, sekira pukul 15.00 WIB berangkat dari kota Medan, menuju Kota Subussalam Aceh, dengan membawa uang palsu senilai Rp 3.000.000.

Dan tiba di Subussalam mereka menginap disana, pada Kamis, tanggal 06 Mei 2021, pelaku melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya). Disini mereka sempat membeli Pop Mie dan rokok menggunakan uang palsu yang dibawanya.

Selanjutnya, pelaku berangkat menuju ke Kabupaten Aceh Barat, tiba di Meulaboh pada Jumat, tanggal 07 Mei 2021, mereka menginap di Mesjid di Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, selama dua hari.

“Selama berada di Meulaboh mereka juga membelanjakan menggunakan uang palsu. Kemudian, dari Meulaboh putar arah kembali menuju Nagan Raya, disini juga meraka membelanjakan uang palsu dengan membeli gula pasir dan rokok. Usai berbelanja pelaku istirahat di Masjid Gampong Blang Muko, Kecamatan Kuala, Nagan Raya. Nah, sampai disini keduanya ditangkap,” terang AKP Machfud. (Jalaluddin Zky)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here