Beranda Bhayangkara Polres Pakpak Bharat Tanam 3000 Bibit Pohon Pada Program Polri Peduli Penghijauan

Polres Pakpak Bharat Tanam 3000 Bibit Pohon Pada Program Polri Peduli Penghijauan

18

Dalam rangka mendukung program Polisi Republik Indonesia, Polri Peduli Penghijauan, Polres Pakpak Bharat bersama Forkopimda Pakpak Bharat melaksanakan penanaman ribuan bibit pohon, di Mako Polres Pakpak Bharat, Selasa (14/01/2020) sekira Pukul 07.30 WIB.

Pakpak Bharat, Sumut | Kegiatan penanaman tersebut di laksanakan di lahan kosong Mako Polres Pakpak Bharat, dihadiri Kapolres Pakpak Bharat AKBP Alamsyah Parulian., Sik. MH., Pj. Bupati Pakpak Bharat DR. H. Asren Nasution MA., Ketua DPRD Sony P. Berutu Sth, Ketua Pengadilan Negeri Ledis Meriana Bakara SH. MH. Kajari yang diwakili Kasidatun Zulkarnain Harahap SH. MH.

Sebelum di mulai kegiatan penanaman bibit sejuta pohon, dimulai dengan melaksanakan olah raga bersama yang diikuti oleh seluruh Forkopimda dan anggota Polres, ASN, Pramuka Shaka Bhayangkara dan Masyarakat.

Dengan dilakukannya olah raga bersama selain merangkul masyarakat juga memberi manfaat kesehatan bagi tubuh, karena cuaca di Kab. Pakpak Bharat yang cukup dingin ini menstabilitaskan suhu tubuh sangatlah penting untuk menjaga kesehatan jasmani dan rohani.

Usai Pelaksanaan olah raga bersama seluruh forkopimda beserta elemen masyarakat menggandengkan tangan menggambarkan menjaga kekompakan dan sinergitas antara pimpinan daerah dengan masyarakat tentunya mengetahui berlanjutnya waktu, selesai pelaksanaan olah raga bersama seluruh hadirin yang ikut serta penanaman bibit sejuta pohon di arahkan oleh ketua panitia, Waka Polres Kompol Dolok Panjaitan, menyampaikan setelah pelaksanaan olah raga bersama akan di mulai penanaman bibit.

Waka Polres menyampaikan kepada personil yang bertugas sebagai panitia penyerah bibit pohon agar membagikan kepada tamu yang hadir sebanyak 1 bibit kepada masing – masing tamu. Dalam hal penanaman bibit sejuta pohon ini Polres Pakpak Bharat menyiapkan 2600 bibit berupa Sawo 200 Pohon, Rambutan 400 Pohon, Durian 300 Pohon, Jambu 300 Pohon, Alpukat 300 Pohon, Mangga 200 pohon, Kuini 150 Pohon, Sirsak 200 Pohon, Kelengkeng 200 Pohon, Jeruk 150 Pohon, Duku  100 Pohon, Nangka 100 Pohon. Total jumlah bibit yang di tanam sebanyak 2600 bibit Pohon, bibit yang di pilih sebagai pohon yang mengandung buah buahan tersebut selain bermanfaat bagi lingkungan dan kehidupan maka pohon tersebut dapat menghasilkan buah buahan yang dapat di konsumsi oleh makhluk hidup.

BACA JUGA :  Sekda Hadiri Gelar Natal Bersama WKRI Sintang

Dalam Kata Sambutan Kapolres Pakpak Bharat AKBP Alamsyah Parulian Sik., MH. mengatakan, “perlu kita ketahui bersama bahwa program penanaman pohon dilingkungan institusi Polri selain mendukung program pemerintah, juga dilakukan menindaklanjuti program Kapolri yakni peduli penghijauan dilingkungan Mako Polri, asrama Polri, tanah atau lahan Polri yang masih gersang dan juga lokasi atau lahan lainnya,” ujar Kapolres.

“Kami mengaharapkan penanaman pohon yang telah dilaksanakan tidak hanya ditanam dan dibiarkan mati, namun wajib kita pelihara sampai tumbuh subur sehingga sangat bermanfaat bagi anak cucu kita nantinya,” kata Kapolres.

Lanjut Kapolres, kulitas hidup yang baik dapat dilihat dari tempat tinggal dan lingkungan. Sejatinya memelihara lingkungan merupakan ibadah dan sebuah langkah awal membangun kehidupan, laksanakan program penghijauan ini dengan hati ikhlas untuk kebaikan bukan untuk seremonial ataupun berharap pujian dari orang lain.

Sementara Ketua DPRD Sony P. Berutu Sth menyampaikan saya yakin bahwa kegiatan penanaman pohon khususnya dilingkungan mako Polri, asrama Polri dan lokasi lainnya adalah kegiatan yang sangat bermanfaat bagi kita semua. “Sesuai dengan namanya bahwa warna hijau itu warna yang indah maka itulah mengapa ketika kita melihat tanaman yang rindang dan berwarna hijau akan terasa dingin dan bekerja juga menjadi nyaman,” ucapnya.

Dalam program penghijauan ini, pohon yang ditanam diantaranya pohon Alpukat, pohon Mangga, pohon Nangka dan pohon lainnya, dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan dan untuk membeikan wawasan terhadap anak cucuk kita bahwah lingkungan harus kita hijaukan.

Pj. Bupati Pakpak Bharat DR. H. Asren Nasution MA, mengutarakan, dengan banyak pohon akan banyak tempat cadangan air dalam tanah, sehingga bisa mencegah banjir dan tanah longsor serta untuk memotivasi masyarakat untuk menghijaukan lingkungan jaga lingkungan dengan melestarikan phon bukan menebang pohon.

BACA JUGA :  Distribusi Logistik Ke 3 Desa Terisolir Resimen I Paspelopor Brimob Polri

“Dengan menanam bibit pohon sebanyak 3000 kita dapat mengakses udara segar untuk dunia bukan hanya untuk Pakpak Bharat melainkan untuk dunia,” ujarnya.

Semetara itu Forkopimda sepakat mendukung program yang dilaksanakan Polri khususnya Polres Pakpak Bharat peduli terhadap penghijauan agar menindak lanjuti kegiatan ini dengan giliran yang akan dilaksanakan oleh seluruh forkopimda sebagai tuan rumah.

Facebook Comments