Beranda Bhayangkara Polres Purwakarata Luncurkan Program Si Covling

Polres Purwakarata Luncurkan Program Si Covling

22
0

Purwakarta, Jabar

Upaya akselerasi vaksinasi terus dimasifkan oleh Kepolisian Resor (Polres) Purwakarta, dari mulai mendirikan gerai vaksinasi presisi di tiap-tiap Polsek, hingga pelayanan vaksin secara Drive Thru.

Kali ini, Polres Purwakarta meluncurkan program Si Covling (Vaksinasi Covid-19 Keliling) merupakan salah satu terobosan yang dihadirkan Polres Purwakarta penajaman vaksinasi ke desa dan perkampungan, dengan meluncurkan kendaraan vaksinasi keliling. 

Kapolres Purwakarta, AKBP Suhardi Hery Haryanto melalui Wakapolres, Kompol Satrio Prayogo mengatakan, Si Covling ini merupakan program mendekatkan proses vaksinasi Covid-19 kepada warga karena bisa berkeliling ke berbagai wilayah.
“Sasaran wilayah vaksinasi kita saat ini lebih pada pelosok desa, dusun maupun perkampungan. Karenanya kami hadirkan kendaraan yang dapat menuju ke tempat tersebut dan nantinya tenaga kesehatan kita akan berkolaborasi dengan bidan desa, serta Bhabinkamtibmas juga Babinsa,” ucap Satrio, pada Selasa (26/10/2021).

Prosedur pelaksanaan vaksinasi tersebut, ia menjelaskan, setiap ketua RW maupun RT mendata warga yang belum divaksin, kemudian menghubungi bhabinkamtibmas untuk mendatangkan mobil vaksin keliling tersebut.

”Yang jelas, ini upaya kita memperbanyak model-model vaksinasi di Kabupaten Purwakarta. Ada yang gerai, drive thru, dan sekarang Si Covling ini,” ungkap Satrio.
Dengan adanya kendaraan vaksinasi keliling ke pelosok desa ini, kata dia, diharapkan masyarakat yang belum di vaksin dapat memanfaatkan layanan ini. Khususnya bagi para lansia, sehingga tidak perlu jauh-jauh datang ke gerai vaksin.

“Gerai mobile vaksinasi keliling dengan tujuan untuk memudahkan masyarakat, terutama kaum lansia,” jelas Satrio.

Dijelaskannya, membuat Si Covling ini karena melihat banyaknya warga yang harus keluar dari rumah dan menuju ke puskesmas. Vaksinasi bisa lebih mudah dilakukan bila didekatkan kepada warga.

“Intinya bisa mencakup masyarakat yang mau divaksin tapi tidak sempat mendatangi gerai-gerai yang disediakan. Kami berharap mobil vaksin ini bisa memutus mata rantai Covid-19 dan bisa menciptakan herd immunity secepatnya di Kabupaten Purwakarta,” ucap Kompol Satrio Prayogo. (Jim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here