Beranda Seputar Covid-19 Polresta Banyumas : “Canangkan Kampung Siaga Candi”

Polresta Banyumas : “Canangkan Kampung Siaga Candi”

66

Kepolisian Resor Kota Banyumas kembali mencanangkan Kampung Siaga Candi. Kali ini, yang ditetapkan sebagai Kampung Siaga Candi adalah Desa Kalicupak Kidul, Kecamatan Kalibagor, Kabupaten Banyumas. Pencanangan kampung Siaga Candi dilakukan Selasa (28/7), dan dihadiri jajaran pejabat Forkopimda setempat.

“Setelah beberapa hari masuk zona hijau, warga Banyumas banyak yang menyalah artikan pemahaman New Normal. Padahal, New Normal itu adalah kegiatan sehari-hari tetap dilaksanakan seperti biasa, tapi dengan menerapkan Protokol Kesehatan secara ketat,” – Kapolresta Banyumas, Kombes Pol Whisnu Caraka –

Banyumas, Jateng |BU| Bersamaan program tersebut, Pemkab Banyumas juga menetapkan kampung tersebut sebagai kampung Bu-RNA atau Kampung Bunda Rumah Tangga Siaga Bencana.

Kapolresta Banyumas, Kombes Pol Whisnu Caraka menyatakan, penetapan Desa Kalicupak Kidul sebagai Kampung Siaga Candi didasari dari hasil survei. Penetapan kampung siaga Candi ini merupakan program dari Kapolda Jawa Tengah untuk menanggulangi dampak dari wabah Covid-19.

Embar Wuryianto, Kepala Desa Kalicupak Kidul, sangat bersyukur dan berterima kasih kepada pemerintah yang telah memberikan penetapan Kampung Siaga Candi, tidak hanya siaga bahkan warga telah menerapkan Protokol Kesehatan secara disiplin. Tapi juga bisa mengantisipasi kemungkinan terjadinya dampak negatif, seperti kemungkinan terjadinya tindak kriminalitas

Selama sebulan lalu, status Covid 19 di Kabupaten Banyumas sudah masuk dalam zona hijau. Jumlah pasien positif yang dirawat di rumah sakit, sudah sedikit menyusut dan hanya tinggal beberapa pasien yang dirawat. Namun sangat disayangkan untuk saat ini, Kabupaten Banyumas kembali masuk ke zona kuning karena jumlah pasien kembali meningkat.

“Setelah beberapa hari masuk zona hijau, warga Banyumas banyak yang menyalah artikan pemahaman New Normal. Padahal, New Normal itu adalah kegiatan sehari-hari tetap dilaksanakan seperti biasa, tapi dengan menerapkan Protokol Kesehatan secara ketat,” ungkap Whisnu.

BACA JUGA :  Pilkades Serentak di Kabupaten Ciamis Direncanakan Pertengahan Agustus

Bupati Banyumas, Achmad Husein  menyatakan, dipilihnya Desa Kalicupak Kidul sebagai Kampung Siaga Candi, mengingat desa ini telah memenuhi berbagai persyaratan. Antara lain, dalam hal kemandirian pangan (sektor pertanian).

Arif Efendi, S.TTp, M.Si, Camat Kalibagor, membenarkan hal tersebut. Bahkan Arif menghimbau kepada Masyarakat desa Kalicupak Kidul agar lebih meningkatkan lagi semua program pemerintahan desa yang sudah berjalan.

Pencanangan Kampung Siaga Candi ditandai dengan pemukulan kentongan oleh Kapolresta dengan didampingi Bupati dan Dandim 0701 Banyumas Letkol Inf Candra. Kegiatan ini kemudian dilanjutkan penyerahan bantuan berupa Sembako oleh Kapolresta Banyumas, Masker oleh Bupati Banyumas dan APD oleh Dandim 0701/Banyumas. (Rambe)

Komentar Facebook