Beranda Daerah PPK 4.2 NTT Siaga Longsor Dengan Menyediakan Alat Berat Di Titik-Titik Rawan...

PPK 4.2 NTT Siaga Longsor Dengan Menyediakan Alat Berat Di Titik-Titik Rawan Longsor

38
0
Gusti Atmawinata, PPK 4.2 NTT

Ende, NTT

Mengantisipasi terjadinya tanah longsor di jalur jalan negara Ende – Wolowaru, PPK 4.2 NTT menyiagakan alat berat di beberapa titik rawan longsor. Upaya itu dilakukan untuk mempercepat langkah penanganan seandainya terjadi tanah longsor menjelang mudik Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru).

PPK 4.2 NTT, Gusti Atmawinata, mengatakan peningkatan koordinasi dengan perangkat daerah lain dilakukan karena potensi bencana relatif cukup tinggi. Sejak ditetapkannya status siaga banjir dan tanah longsor, berbagai upaya pun dilakukan. Untuk alat berat kami sudah siapkan dan akan berkoordinasi dengan PUPR. Tentunya di setiap UPTD sudah disiagakan alat beratnya. Termasuk koordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup untuk mengawasi potensi pohon tumbang karena hujan saat ini kerap disertai angin kencang, kata Gusti, Selasa (7/12/2021).

Selain itu, PPK 4.2 juga menyiapkan Posko Bencana. Lokasinya dipusatkan di Kantor tepatnya di Jalan Gatot Soebroto. Berdasarkan prakiraan BMKG, pada akhir tahun akan terjadi curah hujan cukup tinggi. “Kami antisipasi setiap potensinya. Intinya kami selalu siaga,” jelas Gusti.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 4.2 NTT Wilayah Ende, Gusti mengatakan, pendirian posko pemantauan khusus dan menyiagakan alat berat di posko untuk melakukan tanggap darurat bencana. Petugas akan memantau intensif kemungkinan terjadinya bencana di jalur tersebut.

Gusti, menjelaskan, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) NTT menyatakan masih akan terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi di wilayah NTT. Dikhawatirkan, tingginya intenstitas hujan ini menyebabkan longsor dan banjir di sejumlah titik.

“Kami sediakan posko, dengan alat-alat berat. Jadi jika nanti ada bencana longsor atau curah hujan tinggi yang menyebabkan longsor akan kita kerjakan dan bersihkan. Nanti kita siapkan dititik – titik rawan longsor sepanjang jalan dari Ende hingga Wolowaru. Baru kita tata, jadi nanti alat berat kita persiapkan alat berat berupa eskavator dan juga dum truck dan sebagainya,” ujar Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 4.2 NTT Wilayah Ende, Selasa, (7/12/2021).

Gusti juga menambahkan, saat ini pelebaran dan perbaikan jalan sudah selesai dan dinyatakan aman untuk dilintasi kendaraan. Pelebaran dilakukan di Kecamatan Detusoko dan Wokowaru. Sedangkan perbaikan jalan dilakukan di seluruh ruas jalan yang dianggap rusak parah. ( Damianus Manans)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here