Beranda Daerah Presiden Direktur PT. NHM, H. Robert Nitiyudo Bakal Tindak Tegas Dua Karyawan Yang...

Presiden Direktur PT. NHM, H. Robert Nitiyudo Bakal Tindak Tegas Dua Karyawan Yang Viral Di Medsos

268
0
RSUD Tobelo

Tobelo, Halut

Presiden Direktur PT. Nusa Halmahera Minerals (NHM), H. Robert Notoyudo Wacho, bakal menindak tegas  dua peserta magang yang viral di Media Sosial (Medsos) Instagram, Prilly Pricillia dan Dandy M. Reza. Video yang berdurasi kurang lebih 12 detik termuat percakapan bahwa “ngoni yang kasi masuk lamaran secara fisik berkasnya dibuang begitu saja oleh Dandy”.

Manajer Komunikasi PT. NHM, Ramdani Sirait mengatakan, bahwa H. Robert sangat menyayangkan dan marah dengan adanya video dua peserta magang PT. NHM yang beredar di media sosial. Menurutnya, video yang tersebar ini  telah meresahkan banyak pihak terutama di lingkar tambang PT. NHM.

Haji Robert tidak bisa menerima apa yang dilakukan oleh dua peserta magang tersebut, mengingat Haji Robert dan jajaran Manajemen PT. NHM selama ini telah membangun komunikasi yang sangat baik dengan para pemangku kepentingan seperti para Camat dan Kepala Desa di lingkar tambang, termasuk dalam rangka penerimaan karyawan baru PT. NHM.

Pak Haji Robert telah meminta Departemen Hubungan Industri dan Sumber Daya Manusia PT. NHM serta Serikat Pekerja untuk menindak tegas dua peserta magang tersebut,” ungkap Ramdani.

Ramdani juga menjelaskan tentang mekanisme dan proses rekrutmen karyawan PT. NHM.
Menurutnya, sejak Januari 2021, Haji Robert telah menciptakan manajemen ketenagakerjaan di PT. NHM yang lebih baik dibanding sebelumnya, dimana salah satunya tentang proses penerimaan karyawan. Penerimaan karyawan saat ini ditangani oleh Departemen Sumber Daya Manusia, dimana setiap rencana penerimaan  karyawan baru melihat tersedia atau tidaknya personil di internal PT. NHM.

Lalu jika tidak ada, atas persetujuan Presiden Direktur, Departemen Sumber Daya Manusia menginformasikan kepada Departemen Kinerja Sosial atau Social Performance/ SP, untuk menyampaikan tentang kebutuhan tersebut kepada para Camat dan Kepala Desa di lingkar tambang. Setelah didapat nama-nama sesuai komunikasi dengan para Camat dan Kepala Desa, selanjutnya diproses oleh Departemen Hubungan Industri PT. NHM.

Setelah proses seleksi selesai dan sudah terdapat nama-nama karyawan yang akan dijadikan karyawan PT. NHM, Departemen SP menginformasikan kembali kepada para Camat dan Kepala Desa. Jadi, proses rekrutmen setiap karyawan baru telah melalui mekanisme yang seharusnya.

Haji Robert telah beberapa kali melakukan pertemuan dengan Para Camat dan Kepala Desa lingkar tambang dalam rangka meningkatkan hubungan yang baik, termasuk membicarakan proses penerimaan karyawan baru. Ini adalah bentuk komunikasi yang dibangun sejak PT. NHM diambil alih oleh Indotan Group.

“Pak Haji Robert  bakal melakukan evaluasi internal PT. NHM, jika ternyata terjadi proses rekrutmen yang tidak sesuai dengan alur mekanisme yang disebutkan di atas maka pihak managemen bakal mengabil langkah tegas,” kata Ramdani. (Roby Pangemanan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here