Beranda Nasional Presiden Jokowi Lantik Nadiem Makarim Jadi Mendikbudristek

Presiden Jokowi Lantik Nadiem Makarim Jadi Mendikbudristek

63
0

Jakarta

Presiden Joko “Jokowi” Widodo menunjuk Nadiem Makarim menjadi Menteri Pendidikan, Budaya, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek). Atas penunjukan ini, Jokowi langsung melantik Nadiem di Istana Negara, Rabu (28/4/2021) sore.

Jabatan menteri ini bukanlah baru bagi Nadiem, yang berbeda hanya nama kementeriannya menjadi Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset, dan Teknologi, yang merupakan hasil dari peleburan Kementerian Riset dan Teknologi ke dalam Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Jabatan baru yang diemban oleh Nadiem ini berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 72/P/2021 tentang Pembentukan dan Pengubahan Kementerian serta Pengangkatan beberapa Menteri Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024.

“Saudara Nadiem Anwar Makarim, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi,” bunyi Keputusan Presiden itu.

Dalam acara pelantikan, Nadiem juga turut mengucapkan sumpah jabatan. Pengucapan janji langsung dipimpin oleh Presiden Jokowi.

Sebelumnya, DPR RI telah menyetujui peleburan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) ke dalam Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Keputusan itu menyetujui Surat Presiden Nomor R-14/Pres/03/2021 perihal Pertimbangan Pengubahan Kementerian yang sebelumnya telah dibahas dalam Rapat Konsultasi Pengganti Badan Musyawarah (Bamus) DPR pada 8 April 2021 yang lalu. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here