Beranda Bhayangkara Propam Polres Purwakarta Gelar Operasi Gaktibplin

Propam Polres Purwakarta Gelar Operasi Gaktibplin

33
0

Purwakarta, Jabar

Guna meningkatkan kedisiplinan anggota Polri khususnya Polres Purwakarta, Seksi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polres Purwakarta, menggelar operasi penegakan ketertiban dan disiplin (Gaktibplin) di Mapolres Purwakarta, pada Selasa (28/9/2021).

Sasaran Operasi Gaktibplin tersebut di antaranya sikap tampang personil, seragam dinas Polri (gampol), identitas diri, tes urine, surat-surat kendaraan, hingga pengecekan senjata api (senpi).

“Operasi Gaktibplin tak hanya dilaksanakan di Mapolres saja tapi juga dilakukan di 14 polsek jajaran. Di antaranya di Polsek Kiarapedes, Bojong, Jatiluhur, Polsek Kota, hingga di Polair Polres Purwakarta,” ucap Kapolres Purwakarta, AKBP Suhardi Hery Haryanto melalui Kasi Propam Polres Purwakarta, Iptu Agus Haryanto.
Agus menyebut, Operasi Gaktibplin telah dimulai sejak 1 September 2021. Untuk tes urine, dilakukan dalam rangka mengantisipasi penyalahgunaan narkoba.

“Tes urine ini dilaksanakan secara acak di beberapa polsek di wilayah Hukum Polres Purwakarta. Hasilnya, keseluruhannya negatif,” jelasnya.

Adapun hasil Operasi Gaktibplin di Mapolres, lanjut Agus, ditemukan beberapa pelanggaran. Di antaranya, masa berlaku KTA yang telah habis hingga rambut tak rapi dan berjanggut. 

“Untuk yang melanggar langsung diberikan bukti pelanggaran (tilang). Khusus yang berjanggut dan rambut tak rapi langsung kami gunting saat itu juga,” imbuhnya.
Selain itu, kata Agus, pihaknya juga mengingatkan seluruh anggota yang tak mengenakan masker untuk segera memakainya.

“Protokol kesehatan harus diutamakan, baik oleh seluruh personil maupun para pengunjung gak boleh kendor,” tegas Agus.

Agus berharap, melalui operasi ini para personil semakin tertib dan disiplin, sehingga dapat menjalankan tugasnya sebagai pelindung, pelayan, dan pengayom masyarakat dengan maksimal. 

“Polisi ini bersentuhan langsung dengan masyarakat, sudah seharusnya menjadi panutan,” pungkasnya. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here