Beranda Investigasi Prosedur Pertemuan PT Quality Sukses Sejahtera Bersama Warga Diduga Cacat Administrasi

Prosedur Pertemuan PT Quality Sukses Sejahtera Bersama Warga Diduga Cacat Administrasi

412
0

Pertemuan antara perusahaan PT. Quality Sukses Sejahtera bersama masyarakat Pelaik Keruap pada tanggal 9 Februari 2020 lalu di Desa Pelaik Keruap yang dihadiri Manager PT. Quality Sukses Sejahtera, Bayu Budi Nugroho didampingi staf Ahli Geologi PT. Quality Sukses Sejahtera, Pugo Wijayanto serta dihadiri pula anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Melawi dari Partai PDIP, Fery Chin, yang dihadiri kurang lebih delapan puluh warga Desa Pelaik Keruap.

Melawi, Kalbar | Pada pertemuan tersebut warga didampingi Ketua AMAN Kabupaten Melawi, Hermanus Tierdiely dan Kepala Desa serta Perangkat Desa setempat.

Perusahaan melakukan sosialisasi tentang eksplorasi batu bara dan pengambilan sample untuk mengetahui kadar mineral batu bara di areal Bukit Kumal dan Bukit Baka yang terletak di wilayah Desa Pelaik Keruap dan Tanjung Beringin Kecamatan Manukung Kabupaten Melawi.

Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh Manager Perusahaan Bayu Budi Nugroho pada saat sosialisasi di Desa Pelaik Keruap mengatakan, bahwa pertemuan ini sudah dilakukan di beberapa Desa di Wilayah Kecamatan Manukung, di antaranya Desa Tanjung Beringin, Desa Nuak, Desa Siai dan di Desa Pelaik Keruap.

Dalam pertemuan tersebut warga yang hadir menolak diadakan eksplorasi batu bara di wilayah Desa  tersebut, karena gara-gara batu bara pernah terjadi penangkapan dan proses hukum terhadap Kepala Desa dan Kepala Dusun, sehingga ini menjadi traumatis bagi warga setempat.

Saat akan dikonfirmasi media ini terkait izin pertemuan atau sosialisasi tersebut di atas pihak perusahaan terkesan berusaha menghindar, tanpa memberikan penjelasan sedikit pun.

Di tempat terpisah saat dihubungi via WA Kapolsek Manukung, Ipda Bhakti Juni Ardi mengatakan, “saya belum pernah ditembuskan surat atau penyampaian dari perusahaan tersebut dan Kapolsek Manukung tidak pernah mengeluarkan izin untuk kegiatan tersebut,” tegas Kapolsek.

Sangat disayangkan perusahaan sebesar PT Quality Sukses Sejahtera melalaikan izin pertemuan yang telah diatur dalam peraturan yang berlaku di Indonesia, Pasal 15 ayat (2) butir (a) Undang -Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia yang berbunyi, “Kepolisian Republik Indonesia sesuai dengan peraturan perundang undangan lainnya berwenang memberikan izin dan mengawasi kegiatan keramaian umum dan kegiatan masyarakat lainnya,”.

Anggota Dewan Kabupaten Melawi, Fery Chin yang turut hadir dalam sosialisasi di Desa Pelaik Keruap saat di konfirmasi via WA mengatakan, “saya memang reses dan diminta masyarakat ikut sosialisasi batu bara saya ikut saja, saya juga tidak tahu bahwa perusahaan lalai dalam hal administratif,” singkatnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here