Beranda Daerah Proyek Dinas Perhubungan Lampura Tahun 2020 Diduga Salahi Aturan

Proyek Dinas Perhubungan Lampura Tahun 2020 Diduga Salahi Aturan

281
0

Berdasarkan Sumber dari Lembaga Pengadaan Kebijakan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) bahwa Dinas Perhubungan Kabupaten Lampung Utara memiliki Proyek pada tahun 2020, kemudian secara tekhnis ditunjuk langsung perusahaan yang mengerjakannya atau biasa disingkat dengan Penunjukan Langsung (PL).

Lampung Utara | Sementara dari data yang dihimpun, pada Dinas Perhubungan Kabupaten Lampung Utara sendiri ada 10 Item proyek yang didalamnya ada kegiatan fisik dan beberapa non fisik. Terpantau dibeberapa lokasi, pembanguan sudah mulai dikerjakan, namun beberapa kegiatan yang sudah mulai dikerjakan tersebut diduga menyalahi aturan, dimana dalam pelaksanaan pembangunan tersebut tidak terpasang papan informasi di lokasi, Jum’at (17/04/2020).

Kepala Dinas Perhubungan Basirun Ali menyampaikan bahwa terkait proyek PL yang sudah digelar di beberapa lokasi, dia mengatakan itu harus didahulukan karena sudah ada MoU nya dan Perintah Gubernur Lampung.

”Sudah MoU, karena perintah pak gubernur harus di dahulukan berkenaan dengan perlintasan Kereta Api, karena kemarinkan sudah terjadi makan korban jiwa (kecelakaan),” jelasnya.

Terkait pembangunan Halte di pinggir jalan raya Kabupaten Lampung Utara kaitannya dengan keselamatan kereta api sehingga pembangunan tersebut lebih diutamakan dari pencegahan covid-19, Basirun mengatakan, pembangunan Gedung Pos Jaga perlintasan Kereta Api dan pembangunan Halte jalan raya, sama-sama diperuntukkan tentang keselamatan.

“Tentu ada, karena satu judul yaitu tentang keselamatan penumpang, sehingga termasuk skala prioritas,” terang Basirun Ali.

Sementara untuk pelaksana pembangunan, Basirun mengatakan bahwa pihak ke tiga yang melaksanakannya. ”Ya pihak ketiga dong yang mengerjakannya kalau proyek PL, siapa yang perusahaannya lengkap, itu yang kita tunjuk duluan,“ tutup Basirun saat di jumpai di Polres Lampung Utara.

Seperti Diketahui pada Peraturan Menteri Pekerjan Umum Nomor : 29/PRT/M/2006 Tentang Pedoman Persyaratan Teknis Bangunan Gedung. Pasal 6 poin ke empat, “terhadap penyedia jasa konstruksi yang terlibat dalam penyelenggaraan bangunan gedung yang melakukan pelanggaran ketentuan dalam Pasal 3 dan Pasal 4 dikenakan sanksi dan atau ketentuan pidana sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku,”.

Rujukan pada peraturan menteri tersebut, tentunya dugaan menyalahi aturan oleh pihak-pihak kontraktor dan lainnya terlihat. Pasalnya sementara, terlihat dilokasi pembangunan tidak terpasang papan informasi, sehingga tidak diketahui perusahaan apa yang mengerjakannya.

Dihimpun dari Lembaga Pengadaan Kebijakan Barang/Jasa Pemerintah, tahun 2020 Dinas Perhubungan Kabupaten Lampung Utara ada beberapa kegiatan di antaranya :

  1. Pembangunan Gedung Pos Jaga Perlintasan Kereta Api di Jalan Dahlia Kotabumi, anggaran Rp. 175 juta, Pekerjaan Konstruksi Pengadaan Langsung February 2020 Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Utara, No paket 25034722.
  2. Jasa Konsultasi Perencanaan Pembangunan Pos Jaga Perlintasan Kereta Api, anggaran Rp. 30juta Jasa Konsultansi Pengadaan Langsung February 2020 Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Utara Dinas Perhubungan No Paket.25080364.
  3. Pengadaan dan Pemasangan Halte di Jalan Soekarno Hatta (Depan Rumah Sakit Handayani) anggaran Rp. 70jt . Pekerjaan Konstruksi. Pengadaan Langsung. February 2020. Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Utara. Dinas Perhubungan.No Paket 25082844.
  4. Pengadaan dan Pemasangan Halte di Jalan Alamsyah RPN (Depan FIF). anggaran Rp. 70juta. Pekerjaan Konstruksi. Pengadaan Langsung. February 2020. Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Utara. Dinas Perhubungan. No Paket 25083293.
  5. Pengadaan dan Pemasangan Halte di Jalan Pahlawan ( Depan Perdagangan). anggaran Rp. 70juta. Pekerjaan Konstruksi. Pengadaan Langsung. February 2020. Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Utara. Dinas Perhubungan. No Paket 25083401.
  6. Pengadaan dan Pemasangan Halte di Jalan Jenderal Sudirman (Depan PEMKAB-Masjid). anggaran Rp. 70 juta. Pekerjaan KonstruksI. Pengadaan Langsung. February 2020. Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Utara. Dinas Perhubungan. No Paket 25083534.
  7. Pengadaan dan Pemasangan Halte di Pom Bensin Payan Mas (Depan Martabak Raja). anggaran Rp. 70 juta. Pekerjaan Konstruksi. Pengadaan Langsung. February 2020. Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Utara. Dinas Perhubungan.No Paket 25083763.
  8. Jasa Konsultasi dan Perencanaan Pembangunan Halte. anggaran Rp. 70 juta. Pekerjaan Konstruksi. Pengadaan Langsung. February 2020. Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Utara. Dinas Perhubungan. No Paket 25083046.
  9. Pembangunan Gedung Pos Jaga Perlintasan Kereta Api di Jalan MT. Haryono, Kotabumi. anggaran Rp. 175 juta. Pekerjaan Konstruksi. Pengadaan Langsung. February 2020. Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Utara. Dinas Perhubungan.No Paket 25080109.
  10. Pembangunan Gedung Pos Jaga Perlintasan Kereta Api di Simpang Saprodi Lampung Utara. anggaran Rp. 175 juta. Pekerjaan Konstruksi. Pengadaan Langsung. February 2020. Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Utara. Dinas Perhubungan.No Paket 25080213.

Sampai berita ini ditayangkan belum diketahui pihak-pihak perusahaan mana saja yang mengerjakan proyek-proyek penunjukan langsung (PL) tahun 2020  Dinas Perhubungan Kabupaten Lampung Utara tersebut.

Reporter Lampura : Yan Smit

Editor : Jon Cupak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here