Beranda Daerah Punguan Batak Saroha Kabupaten Ende Gelar Acara Syukuran Bona Taon 2023

Punguan Batak Saroha Kabupaten Ende Gelar Acara Syukuran Bona Taon 2023

41
0

Ende, bhayangkarautama.com

Punguan atau kumpulan suku Batak Saroha (Sehati) di Kabupaten Ende melaksanakan acara Natal dan pisah sambut tahun. Sebagai ucapan rasa syukur untuk segala berkat yang telah diterima di tahun yang baru dilewati, Punguan Batak Saroha Kabupaten Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar acara syukuran Bona Taon, bertempat di Aula Kantor Camat Ende di Nangaba, Minggu (22/1/2023) pukul 10.00 Wita.

Perayaan Natal dan pisah sambut tahun Punguan Batak tersebut mengambil tema “Jadilah Saudara Bagi Semua Orang”, dengan sub tema “Dengan Bona Taon Kita Baharui Semangat Kasih, Kekeluargaan dan Kesatuan dalam Perbedaan Punguan Batak Saroha-Ende”.

Ketua Panitia, Patris Tato kepada wartawan mengatakan, tradisi budaya Batak sangat dikenal dengan Bona Taon yang biasa dilaksanakan saat awal tahun pada bulan pertama hingga bulan ketiga, dengan tujuan mempererat tali kekeluargaan dalam kelompok marga atau komunitas. Dari sini marga-marga yang berasal dari Suku Batak selalu melaksanakan Bona Taon, seperti halnya yang dilakukan keluarga besar Punguan Batak Saroha Ende, setiap tahunnya rutin menggelar acara tersebut.
“Memang inilah rutinitas kami, kebersamaan kami, rasa kekeluargaan kami Saroha Kabupaten Ende, dimanapun kegiatan itu dilakukan disitulah kami harus berada,” katanya.

Ia melanjutkan, kegiatan Bona Taon yang diselenggarakan ini benar-benar memberi kesan dan manfaat buat kami Punguan Batak Saroha Kabupaten Ende untuk sama-sama mengartikan Saroha tersebut sehingga bisa resapi, menikmati dan ditanamkan dalam hati nurani kita masing-masing.

Sementara Ketua Punguan Batak Saroha-Ende, Yosephat Eka Nugraha Girsang mengungkapkan, kegiatan acara syukuran yang diselenggarakan ini mempunyai makna yang berarti bagi perkumpulan suku Batak, karena dengan acara Bona Taon silahturahmi antara satu dengan yang lainnya berjalan dengan baik, khususnya perkumpulan keluarga Batak Saroha-Ende.

“Kegiatan Bona Taon ini dilaksanakan setiap satu tahun sekali, sebagai wujud bersyukur kita sudah memasuki tahun yang baru, jadi kita berkumpul untuk memperbahrui ikatan persaudaraan satu dengan lainnya, khususnya keluarga Batak yang ada di Kabupaten Ende,” ungkapnya.

Foto: Ketua Punguan Batak Saroha-Ende, Yosafat Eka Nugraha Girsang.

Ditambahkan, sebagai ketua baru bersama pengurus yang baru, semoga dengan acara ini keluarga Batak di Kabupaten Ende selalu kompak dan menjadi keluarga yang saling peduli, saling menopang baik dalam suka maupun duka.

Pada kesempatan itu juga, Aleks Situngkir salah satu anggota Punguan Batak Saroha-Ende menuturkan, dengan acara ini, hal positif yang didapat adalah kekompakan, sehingga bisa terjalin rasa kekeluargaan dalam kelompok marga Batak yang ada di Kabupaten Ende.

“Kekompakan persaudaraan itu sangat luar biasa, karena yang hadir ini semuanya dari beberapa suku diantaranya Toba, Karo dan Simalungun yang semuanya tergabung sampai disini, istilahnya dari perantau dan berasal dari Medan,” tuturnya.

Ia menambahkan, semoga kekompakan Punguan Batak Saroha Kabupaten Ende selalu terjalin dan berlanjut sampai kapanpun, sehingga dapat mewujudkan persekutuan yang erat dengan semangat tolong menolong antar sesama dan sekitarnya.

Sementara itu, Petrus Paulino Wero dari marga Ginting yang juga merupakan mantan ketua Punguan Batak Saroha-Ende kepada media ini mengatakan, jumlah suku atau marga Batak yang ada diKabupaten Ende cukup banyak dan juga menyebar di beberapa kecamatan seperti diKecamatan Nangapenda/Rajawawo dan Kecamatan Kelimutu tepatnya di Pemo. (Damianus Manans)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here