Beranda Hukum Ratusan Kilo Barang Bukti Narkoba Dimusnahkan Polda Kalsel

Ratusan Kilo Barang Bukti Narkoba Dimusnahkan Polda Kalsel

43
0

Polda Kalimantan Selatan musnahkan Barang Bukti ratusan Kilogram Narkotika Jenis Sabu-sabu dan XTC, hasil pengungkapan kasus Narkoba Jaringan Internasional (Malaysia – Kaltara – Kaltim – Kalsel) dan Jaringan Lokal, oleh Dit Resnarkoba Polda Kalsel, beberapa waktu lalu.

Berkat kegigihan seluruh anggota Jajaran Dit Resnarkoba Polda Kalsel, bisa menganalisis dan saling kompak, sehingga bisa mengungkap kasus Narkoba Ketitik paling besar. Dan setahu kami untuk pengungkapan lebih dari 200 kilogram, diluar pulau Jawa sementara Kalimantan Selatan yang berhasil mengungkap. – Kapolda Kalsel Irjend Pol Dr. Nico Afinta, S.H., S.I.K., M.H. –

Banjarbaru, Kalsel | Pemusnahan barang bukti ini dilaksanakan di Lapangan Satpas Ditlantas Polda Kalsel, Jl. Ahmad Yani, Km.21, Landasan Ulin, Banjarbaru, Dipimpin oleh Kapolda Kalsel Irjend Pol Dr. Nico Afinta, S.H., S.I.K., M.H., dan dibuka dengan pembacaan Do’a dari Ketua MUI Prov. Kalsel kegiatan berlangsung lancar dan aman, Rabu (20/05/2020) pagi.

Terlihat di Lapangan juga Hadir Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor, Wakapolda Kalsel beserta seluruh PJU Polda Kalsel, Kepala BNNP, Kapolres Banjarbaru, Dan Rem, Dan Lanal, Dan Lanud, Ketua DPRD Kalsel, serta Forkopimda Kalsel dan anggota Jajaran Dit Resnarkoba Polda Kalsel.

Hasil pengungkapan yang dimusnahkan itu terdiri dari 3 kasus, 1 Kasus Jaringan Internasional dan 2 Kasus Jaringan Lokal. Dari ke 3 kasus itu melibatkan 6 orang tersangka (laki-laki) yang terbagi 2, (3 orang Jaringan Internasional dan 3 orang Jaringan Lokal).

Ke 3 Kasus ini merupakan hasil pengungkapan di Bulan Maret lalu, dimana Dit Resnarkoba Polda Kalsel berhasil mengamankan barang bukti Narkoba Jenis Sabu-sabu seberat 243.39,75 gram (berat bersih 237.335,4 gram), Xtc 54.932 butir dan serbuk Xtc 237,32 gram (berat bersih 220,76 gram), dari tangan tersangka SG, D.T.S dan MIM jaringan Internasional, serta dari tangan AN, YD, SB jaringan Lokal.

Kapolda Kalsel menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada seluruh jajaran anggota Dit Resnarkoba Polda Kalsel atas capaiannya, mengingat ini merupakan hasil ungkap kasus terbesar khususnya untuk wilayah Kalsel.

“Berkat kegigihan seluruh anggota Jajaran Dit Resnarkoba Polda Kalsel, bisa menganalisis dan saling kompak, sehingga bisa mengungkap kasus Narkoba Ketitik paling besar. Dan setahu kami untuk pengungkapan lebih dari 200 kilogram, diluar pulau Jawa sementara Kalimantan Selatan yang berhasil mengungkap,” ungkap Kapolda Kalsel.

“Semua hasil pengungkapan kasus ini juga berkat kerja sama dan informasi dari masyarakat serta stakeholder terkait. Karena dalam pengungkapan kasus narkoba, peranan masyarakat dan stakeholder terkait sangat penting,” jelas Jenderal Bintang Dua itu.

“Tetap jaga disiplin dan kredibilitas, supaya bisa terus bekerja dengan baik,” pesan Kapolda kepada anggotanya.

Gubernur Kalsel juga menyampaikan kegiatan hari ini merupakan suatu agenda yang sungguh membanggakan, sungguh memberikan semangat “Energy Of South Borneo For Indonesia”.

“Dengan terungkapnya kasus ini, Polri telah banyak menyelamatkan masyarakat Kalimantan Selatan, maka Kita masyarakat Kalsel memberikan penghargaan atas hasil sebuah pekerjaan,” ungkap H. Sahbirin Noor.

Pemusnahan barang bukti Narkoba ini secara simbolis dilakukan bersama oleh seluruh stakeholder yang hadir, dan dilanjutkan dengan anggota Dit Resnarkoba secara bersama-sama, dengan menggunakan wadah yang diisi cairan deterjen, Narkoba itu ditumpahkan dan diaduk agar larut dan hancur.

Di lokasi Anggota yang melakukan pemusnahan juga menggunakan truk pengaduk semen (mobil mixer) sebagai sarana pemusnahan, selanjutnya Narkoba yang sudah hancur dituangkan kedalam lubang yang sudah digali dan ditutup dengan tanah.

Diketahui Narkoba yang dimusnahkan pagi itu sebanyak 291.354,5 gram Sabu, 54,899 butir Xtc dan 218,4 gram serbuk Xtc. Selebihnya sebanyak 8,41 gram Sabu, 19,5 butir Xtc dan 2,32 gram Serbuk Xtc digunakan untuk kepentingan Penyidikan dan Uji Lab.

Reporter : H. Zulkifli Kal-Sel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here