Beranda Daerah Resmikan Terminal Baru Bandara Kuabang Kao, Jokowi Harap Pertumbuhan Ekonomi Di Halut...

Resmikan Terminal Baru Bandara Kuabang Kao, Jokowi Harap Pertumbuhan Ekonomi Di Halut Semakin Meningkat

78
0
Selamat Hari Jadi Kabupaten Sukabumi Yang Ke -151

Tobelo, Halut

Presiden RI  Ir. Joko Widodo, siang tadi melakukan kunjungan kerja (Kuker) di Kecamatan Kao, Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara, Rabu (24/03/2021), pukul 12.35 WIT, dengan menumpangi pesawat kepresidenan jenis Boeing Bussines Jet (BBJ) 2 tipe 737-800.

Kehadiran orang nomor satu di Indonesia ini adalah dalam rangka meresmikan terminal baru Bandara Kuabang Kao seluas 3.500 meter persegi, yang dibangun sejak tahun 2016 hingga 2019 dengan total  nilai investasi sebesar Rp 50,82 miliar.

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan, “Saya sangat menyambut baik, alhamdulillah, terminal penumpang di Bandara Kuabang ini telah siap dipergunakan untuk mendukung aktivitas masyarakat di Kabupaten Halmahera Utara dan sekitarnya. Kita harapkan nanti akan muncul titik-titik pertumbuhan ekonomi baru di sekitar bandara ini”.

Bandara Kuabang sendiri memiliki fasilitas landasan pacu sepanjang 2.400 meter dengan lebar 30 meter dan landasan hubung sebesar 100 x 23 meter yang dapat melayani penerbangan pesawat jenis ATR 72-600, Boeing 737-800, dan Airbus A320.
Pengembangan fasilitas Bandara Kuabang amat penting artinya untuk membuka aksesbilitas dan konektivitas wilayah setempat. Kabupaten Halmahera Utara memiliki sejumlah destinasi wisata alam dan bahari yang membutuhkan peningkatan konektivitas tersebut untuk dapat memajukan perekonomian wilayah.

Berkaitan dengan hal itu, Presiden Joko Widodo meminta Menteri Perhubungan untuk bertahap dapat membuka rute penerbangan setidaknya dua kali tiap minggunya untuk melayani penerbangan menuju Halmahera Utara.

“Pagi hari ini saya perintahkan kepada Pak Menteri Perhubungan dan Dirjen untuk di Bandara Kuabang ini agar secepatnya diusahakan paling tidak minimal seminggu dua kali _flight_ menuju sini. Sudah ada tahapan dua kali seminggu, kemudian baru naik lagi ke keadaan normal yaitu tiga kali sehari,” ucapnya.

Selain meresmikan terminal baru Bandara Kuabang Kao, Jokowi juga memantau secara langsung vaksinasi Covid-19 di Kecamatan Kao.

Hadir dalam acara peresmian tersebut diantaranya Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN, Erick Thohir, Gubernur Maluku Utara, Abdul Gani Kasuba, Karo KIP Kemenhub RI, Hengky Angkasawan, Wakil Gubernur Prov. Malut, Ir. H. Al Yasin Ali, Pangdam XVI Pattimura, Mayjen TNI Jefrry Apoly Rahawarin, Kapolda Malut, Irjen Pol Risyapudin Nursin, S.I.K.,  Danlantamal XIV, Brigjen (Mar) Marcos, SE., Ketua DPRD Prov. Malut, Kuntu Daud, SE., Kajati Malut, Erryl Prima Putera Agoes, M.H., Danlanud Leo Wattimena Morotai, Kolonel Adi Setyo Nugroho, Pj. Bupati Halut, Yudihart Noya, M.Si., Ketua DPRD Halut, Yulius Dagilaha, SH., serta tokoh pemuda, tokoh adat dan masyarakat Desa Kao. (Roby Pangemanan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here