Beranda Daerah Ribuan Jemaat GMIH Gelar Aksi Damai Di Mapolres Dan Kejaksaan Halmahera Utara

Ribuan Jemaat GMIH Gelar Aksi Damai Di Mapolres Dan Kejaksaan Halmahera Utara

54
0

Tobelo, Halut

Ribuan warga jemaat Gereja Masehi Injili di Halmahera (GMIH) dibawah pimpinan Pdt. Demianus Ice, menggelar aksi demontrasi damai di depan Mapolres , Kantor Bupati dan Kejaksaan Negeri Halmahera Utara, Rabu (2/3/2022).

Aksi demonstrasi damai mengatasnamakan
Tim Penguatan Institusi GMIH se-Provinsi Maluku Utara itu diikuti kurang lebih 1500 orang yang terdiri dari utusan jemaat wilayah pelayanan Morotai, Halmahera Barat, Kota Ternate, majelis, pendeta serta mahasiswa dan dosen Universitas Halmahera (UNIERA) dipimpin oleh kordinator lapangan (korlap) Pdt. Alfiano Malesen.

Massa aksi mendesak pihak Polres Halmahera Utara agar segera menghentikan kasus dugaan pemalsuan dokumen yang melibatkan Demianus Ice dengan menerbitkan Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3).
Orasi yang disampaikan oleh Andi Koly di depan Mapolres Halut, para aksi menyampaikan bahwa Kami hanya menitipkan pesan-pesan moral keagamaan kami bahwa persoalan gereja ini merupakan pergumulan yang panjang dimana kami datang dengan niat tulus untuk tidak akan merusakkan daerah ini melainkan menjaga kedamaian di daerah ini.

Persoalan gereja tidak bisa diproses hukum tetapi dikembalikan kedalam organisasi gereja, sehingga kami harapkan jangan biarkan kondisi ini ricuh karena kami menginginkan kedamaian di daerah ini.

Kami mengapresiasi kepada pihak Oolres Halut khususnya Kapolres Halmahera Utara atas kinerja dan kami meminta keadilan harus ditegakkan dan diharapkan bapak dapat bekerja berdasarkan norma-norma dan regulasi yang diatur oleh undang-undang yang berlaku dan mempertimbangkan aspek-aspek keagamaan karena pada dasarnya niat tulus kami untuk negeri ini adalah yang terbaik.

Usai menggelar orasi di depan Mapolres Halut, aksi dilanjutkan ke Kejaksaan Negeri Halmahera Utara. Orasi yang disampaikan secara bergantian oleh orator Riko Djanti dan Andi Koly yang disampaikan adalah bahwa aksi demo merupakan aksi damai dan bentuk dukungan kita kepada pihak Kejaksan yang sudah melakukan kerja sesuai tanggungjawab dan kami percaya pihak kejaksaan akan konsisten dan mengakomodir petisi kita dan bertindak sesuai prosedur serta yang kami butuh adalah komitmen serta melaksanakan sesuatu berdasarkan ketentuan hukum dan aturan yang berlaku.
Sementara itu pihak kejaksaan Kasi Intel Kejari
Ridzky Septriananda, yang didampingi Kasi BB Kejari Halut Iskandar Muda Harahap, Kasi Datun Kejari Halut M. Taufiq Thalib,

Riski Septriananda mengatakan bahwa
kami mengucapkan terimakasihkasih kepada partisipasipan perwakilan dari sinode atas dukungan, kritikan dan masukan kepada Kami selaku penegak hukum, hal ini merupakan motivasi dan semangat bagi kami untuk dapat menyelesaikan perkara guna mewujudkan keadilan yang berlandaskan hati nurani.

Dukungan sangat berharga bagi kami untuk menangani perkara ini dengan seadil-adilnya, dimana sudah ada perwakilan dari pihak gereja untuk bertemu dengan Kepala Kejaksan dan memberikan penyampaian yang netral atas penyelesiaan perkara ini,” ‘tandas Ridzky.

Untuk diketahui bahwa Demianus Ice ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan pemalsuan dokumen aset GMIH oleh penyidik Reskrim Polres Halmahera Utara, bersam tiga tersangka lainya, Anton Piga, Mezak Hohakai dan Pordinatus Sangadi. (Roby Pangemanan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here