Beranda Daerah Ribuan Massa Aliansi Masyarakat Peduli Demokrasi Palang Kantor Bawaslu Halut

Ribuan Massa Aliansi Masyarakat Peduli Demokrasi Palang Kantor Bawaslu Halut

88
0

Tobelo, Halut

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Halmahera Utara dipalang massa pendemo yang menamakan diri Aliansi Masyarakat Peduli Demokrasi, Kamis (27/05/2021).

Aksi pemalangan pintu pagar kantor Bawaslu Halut, adalah bentuk ketidak percayaan masyarakat kepada komisioner Bawaslu dan aparat penegak hukum yang dinilai tidak melakukan penegakan hukum dan aturan dalam pilkada sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku, terlebih lagi kinerja Bawaslu yang dinilai tidak merespon adanya laporan pelanggaran Pilkada Halut.
Mirjan Salim dalam menyampaikan orasi di depan kantor Bawaslu, mencontohkan ada beberapa laporan terkait dengan pelanggaran -pelanggaran yang dilakukan oleh oknum-oknum dari pasangan nomor urut 02, Joel Wogono dan Said Bajak, terkait dengan pengrusakan Form C Plano di TPS Desa Supu, politik uang dan keterlibatan ASN Kadis Kehutanan Propinsi Maluku Utara, Syukur Lila, yang membagikan sembako di Desa Supu, yang sampai saat ini tidak ada kejelasan.

Menurutnya, hal ini menunjukkan bahwa Bawaslu Halut tidak profesional dalam menanggapi sebuah laporan, dimana sampai saat ini proses hukumnya tidak jalan (mandek). “Saya menduga Bawaslu Halut sudah masuk angin, padahal kami sangat menginginkan agar Bawaslu bekerja sesuai dengan amanat konstitusi dimana tidak takut dengan intervensi dari pihak manapun,” ketusnya.

“Kami minta dalam sidang MK yang dijadwalkan besok Jumat (28/05/2021), Bawaslu harus menyampaikan yang sebenar-benarnya berbagai permasalahan yang dilaporkan sebagai pelanggaran dalam pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang ( PSU) dan Pemungkutan Suara Susulan (PSS),” ujar Mirjan.

Mirjan juga mengingatkan, agar Bawaslu Halut bekerja profesional dan segera menindaklanjuti laporan yang disampaikan kepada Bawaslu. “Kami tidak main-main, jika bawaslu tidak mengindahkan maka kami akan datang lagi dengan jumlah massa yang lebih besar,” cetusnya. (Roby Pangemanan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here