Sambut Malam Tahun Baru 2024, Situasi Kepri Aman dan Kondusif

0
11

Kapolda Kepri Irjen. Pol. Drs. Yan Fitri Halimansyah, S.H., turun langsung ke lapangan untuk memantau kegiatan pengamanan malam Tahun Baru di lapangan Engku Putri, Provinsi Kepulauan Riau. Malam pergantian tahun disajikan sebagai momen yang penuh kesan, Minggu (31/12/2023).

Batam, Kepri // Forkopimda Provinsi dan Kota Batam bersatu dalam aktivitas ini. Melalui video conference dengan Kapolri, seluruh jajaran kepolisian Indonesia memberikan laporan situasi malam Natal dan tahun baru yang dipenuhi keamanan.
Kapolda Kepri Irjen Pol. Yan Fitri Halimansyah, S.H., mengatakan, dari Sabang sampai Merauke, suasana damai melingkupi seluruh wilayah Indonesia pada malam pergantian tahun 2023 ke 2024 dan ada 48 titik kegiatan masyarakat dirangkul dalam sinergi keamanan yang erat antara aparat keamanan dan mitra Kamtibmas.

“Tanpa insiden mencolok, Kepulauan Riau menunjukkan performa keamanan yang solid,” ujarnya.

“Meski begitu, tantangan cuaca menjadi fokus utama dalam musim penghujan, kecepatan angin melebihi 100 km/jam, menimbulkan potensi risiko pada angkutan laut. Kepolisian perairan (Airud) memberikan himbauan kepada pelaku usaha ikan untuk meningkatkan kewaspadaan, memastikan ketersediaan jaket pelampung di setiap kapal, dan mempertimbangkan pembatalan atau penundaan pelayaran jika cuaca tidak mendukung,” tegasnya.
Kemudian, untuk penempatan personil disesuaikan dengan kebutuhan setiap wilayah, terutama di kawasan keramaian di Batam dan Bintan. Sebanyak 639 personil diterjunkan untuk mengamankan 48 titik kegiatan malam tahun baru, termasuk 327 gereja yang melaksanakan ibadah Natal. Adapun jumlah personel yang melaksanakan pengamanan berjumlah 1.797 personel gabungan dengan instansi terkait.

“Peningkatan keamanan juga menyentuh objek wisata dan gereja-gereja yang merayakan Misa Natal dan tahun baru. Masyarakat Kepulauan Riau terlihat bersemangat menyongsong tahun 2024, dengan harapan akan keamanan, kedamaian, dan situasi yang kondusif. Keamanan yang terjaga diharapkan dapat berlanjut pasca pergantian tahun,” ucapnya.

“Terakhir, semoga langkah-langkah ini dapat menjaga keselamatan dan kenyamanan masyarakat Kepulauan Riau dalam menyambut tahun baru yang ceria ini,” tutupnya. (Ariyanto Nainggolan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here