Beranda Daerah Sat Binmas Polres Melawi Gandeng Seluruh Elemen Masyarakat Ciptakan Kondusifitas Wilayah

Sat Binmas Polres Melawi Gandeng Seluruh Elemen Masyarakat Ciptakan Kondusifitas Wilayah

102
0

Untuk menciptakan kondusifitas Kamtibmas dan mempererat jalinan tali Silaturahmi, Sat Binmas Polres Melawi melaksanakan Tapka (Tatap Muka) dengan seluruh elemen masyarakat dan tokoh masyarakat Desa Tanjung Niaga Kecamatan Nanga Pinoh Kabupaten Melawi Provinsi Kalimatan Barat (Kalbar). Kegiatan Tatap Muka (Tapka) ini bertempat di ruangan Pertemuan Desa Tanjung Niaga, Jumat (27/9/2019) pagi.

Melawi, BU, – Kegiatan Tapka dipimpin langsung oleh Kasat Binmas Polres Melawi, AKP Theodorus Pardamean Marbun, beserta anggotanya PS. Kanit Binpolmas Aiptu MTL Tobing, S. Sos, PS. Kaur Mintu Brigadir Ngadino dan Brigadir Juliansyah.

Hadir juga padaa acara Tapka, Camat Nanga Pinoh, Kepala Desa Tanjung Niaga, Bhabinkamtibmas Desa Tanjung Niaga, Babinsa Koramil Nanga Pinoh, Ketua BPD Desa Tanjung Niaga.

Dengan para peserta kegiatan Tapka para Kepala Dusun, Ketua RT/RW, tokoh mkasyarakat, tokoh adat, tokoh agama dan masyarakat Desa Tanjung Niaga Kecamatan Nanga Pinoh dengan jumlah peserta kegiatan 40 orang.

Mengawali diskusi, dalam sambutannya Kasat Binmas AKP Marbun menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada seluruh masyarakat, karena di Kabupaten Melawi secara khusus di Kecamatan Nanga Pinoh sampai hari ini dalam keadaan kondusif dan tidak ada sesuatu gejolak sosial yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat.

“Kami dari Kepolisian terus meminta seluruh warga dapat selalu bahu membahu bersama dengan aparat keamanan untuk menciptakan kondusifitas Kamtibmas, utamanya yang ada dilingkungan masing-masing dengan selalu mengoperasionalkan Pos Kamling selama 24 jam penuh, karena tanpa adanya peran aktif dari warga maka kondusifitas Kamtibmas akan sangat sulit untuk diwujudkan, dan bagi warga yang mengetahui atau melihat adanya sesuatu yang bisa menimbulkan terjadinya gangguan Kamtibmas, hendaknya untuk segera melapor ke kantor Polisi terdekat,” sampainya.

Dalam menjaga situasi Kamtibmas agar selalu kondusif, damai dan sejuk. Diharapkan seluruh warga masyarakat tidak mudah terprovokasi oleh isu-isu yang tidak benar/berita bohong (hoax) yang akhir-akhir ini banyak beredar, jika menerima sesuatu informasi diharapkan jangan ditelan mentah-mentah, tanyakan saja ke orang-orang yang berhubungan dengan informasi tersebut, agar hoax yang meresahkan dan menimbulkan berbagai gejolak sosial di daerah tertentu saat ini tidak terjadi di Kabupaten Melawi,” tegasnya.

Smbung Marbun, selain itu, jangan sampai mengikuti kegiatan-kegiatan yang berbeda dengan ideologi Pancasila atau paham radikalisme, mereka adalah suatu kelompok yang ingin memecah belah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dan yang terakhir, jangan tergoda oleh tawaran dari penjual sepeda motor yang harganya murah tanpa dilengkapi surat menyurat kendaraan.

Karena harga yang murah patut dicurigai motor tersebut merupakan hasil dari Curanmor. Apabila bapak/ibu memaksakan diri untuk membelinya, maka bisa dijerat hukuman penjara, dikenakan Pasal Penadahan, yang nantinya hanya merugikan diri sendiri dan keluarga tentunya,” himbaunya mengakhiri.

Ditempat berbeda, Kapolres Melawi, AKBP Ahmad Fadlin, S.I.K., M. Si mengapresiasi kegiatan Tapka dengan seluruh elemen masyarakat di Desa Tanjung Niaga Kecamatan Nanga Pinoh yang digelar oleh Sat Binmas Polres Melawi.

“Dengan selalu hadir ditengah-tengah masyarakat, kami sebagai aparat keamanan akan selalu dekat dengan warga, dan warga juga tidak akan sungkan untuk segera memberikan berbagai informasi utamanya terkait Kamtibmas. Sehingga bisa dijadikan masukan buat kesatuan dalam rangka memujudkan kondusifitas Kamtibmas,” ungkapnya.

Menurut Kapolres, kegiatan dilaksanakan oleh jajaran tersebut sangat bermanfaat untuk menyampaikan himbauan dan pesan-pesan Kepolisian kepada warga masyarakat secara langsung, dan kegiatan ini juga sekaligus sebagai sarana untuk memberikan rasa aman kepada warga masyarakat yang ada di wilayah hukum Polres Melawi.

“Melalui berbagai kegiatan Kepolisian, baik itu operasi-operasi, maupun Kegiatan Kepolisian Yang Ditingkatkan (KKYD), Polres Melawi terus berupaya memberikan rasa aman, tentram dan damai kepada seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Melawi, dengan melaksanakan kegiatan Kepolisian siang dan malam,” terang Kapolres Melawi AKBP Ahmad Fadlin. (Oktavianus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here