Satlantas Polres Karimun Tetapkan 2 Lokasi Kawasan Tertib Lalulintas (KTL)

0
58

Demi menghindari hal-hal yang tidak di inginkan berlalu lintas di Kabupaten Karimun, Satlantas Polres Karimun menggelar sosialisasi kawasan tertib berlalu lintas (KTL) di wilayah hukum Polres Karimun, Rabu (6/12/2023)

Karimun, Kepri // Satlantas Polres Karimun menetapkan Coastal Area dan Jl. A. Yani Kolong Kec. Karimun menjadi kawasan tertib berlalu lintas (KTL). Kawasan tertib berlalu lintas adalah suatu kawasan yang mencerminkan dan mengimplementasikan bagaimana berlalu lintas yang baik dan benar.

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari selasa 5 desember 2023, Satlantas melakukan pengaturan lalu lintas di dua lokasi tersebut dan melakukan penindakan berupa pelanggaran kasat mata seperti tidak menggunakan helm, menggunakan knalpot brong tidak menggunakan spion dan yang lainnya.
Kasat Lantas Polres Karimun Iptu D. Brian AL., S.I.K., M.M., menjelaskan, “Dalam kegiatan sosialisasi sekaligus operasi di dua lokasi ini, kami melaksanakan penindakan sebanyak 60 pengendara yang melanggar aturan berlalu lintas”.

“Hal ini bertujuan untuk menekan angka fatalitas kecelakaan yang terjadi di wilayah Kabupaten Karimun. Selain itu juga, satuan lalu lintas Polres Karimun melaksanakan kegiatan sosialisasi dalam kepatuhan berkendara demi terwujudnya Kabupaten Karimun tertib menggunakan helm dan zero knalpot brong,” ungkapnya.

Menanggapi hal tersebut, Datok Azman Zainal, Rabu (06/12), kepada wartawan media ini menuturkan, untuk menertibkan berlalu lintas itu tidak harus ditilang, cukuplah dengan teguran saja. Seandainya itu diteruskan Kasat lantas Polres Karimun, bisa saja menimbulkan polemik nantinya. Soalnya, sudah beberapa orang Kasat Lantas mutasi dari Karimun ini bahkan tidak pernah melakukan razia. Hanya saja para anggotanya ditugaskan turun ke jalan raya untuk mengatur berlalu lintas.

“Namun kita hanya memberitahukan saja, dan kita tidak bisa melarang karena itu merupakan hak Satlantas demi mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” pungkasnya.

Pantauan wartawan media ini di lapangan, setelah pergantian Kasat Lantas beberapa bulan lalu, Kasat Lantas Polres Karimun Iptu Brian AL., S.I.K., M.M., saat ini kembali mengaktifkan razia di jalan raya. Maka dengan hal tersebut, diharap kepada masyarakat Karimun agar mengikuti tertib berlalu lintas demi menghindari tilang. (Ariyanto Nainggolan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here