Satlantas Polres Sabang Gelar Razia Penertiban dan Kedisiplinan Bagi Pengendara

0
26
Foto: Petugas Satlantas Polres Sabang memeriksa setiap kendaraan yang melintas saat razia penertiban dan kedisiplinan digelar di depan Mapolres Sabang, Senin (02/10/2023).

Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Sabang gelar razia penertiban dan kedisiplinan bagi pengendara dan pengemudi, yang dilaksanakan di depan Mapolres Sabang, jalan Perdagangan, Gampong Kuta Timu, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Senin (02/10/2023).

Sabang, NAD | Kapolres Sabang AKBP Erwan, S.H , M.H., melalui Kasat Lantas Ipda Rizal Bahnur disela-sela penyelenggaraan razia ketertiban kepada media ini mengatakan, tujuan pelaksanaan razia ini guna menertibkan dan mendisplinkan masyarakat bagaimana cara berkendaraan yang benar dan baik dengan tidak melanggar aturan yang berlaku.

Sehingga dengan berkendaraan secara tertib dan disiplin maka semua jadi enak dan nyaman di jalan seperti melengkapi kelengkapan kendaraan, membawa surat kendaraan itu sendiri dan juga tidak kebut-kebutan serta mematuhi peraturan yang berlaku termasuk mematuhi rambu-rambu yang ada.

“Razia ini hanya untuk menertibkan tata cara menggunakan kendaraan yang baik dan benar, kemudian masyarakat yang berkendara juga harus disiplin baik dalam berkendaraan maupun kelengkapan kendaraan itu sendiri dan juga mematuhi aturan yang ada serta tentang rambu-rambu lalulintas,” kata Ipda Rizal Bahnur.

Rizal menjelaskan, hasil dari pelaksanaan razia di wilayah hukum Polres Sabang yang melibatkan 9 personel Satlantas diantaranya Kasat Lantas sendiri, Kaurmintu, Kanit Turjawali dan Baur Tilang. Hasil dari kegiatan razia dengan jumlah pelanggan penindakan tilang manual sebanyak 37 kendaraan dengan barang bukti masing-masing 16 buah STNK, 9 lembar SIM dan 12 kendaraan.

Sasaran dari kegiatan razia adalah pengendara atau pengguna jalan dalam lingkup wilayah hukum Polres Sabang, agar masyarakat dapat mematuhi peraturan berlalulintas dan tetap menjaga ketertiban serta disiplin. Pengemudi mobil barang atau truk tidak dibenarkan muatannya Overload atau Overdimensi.

Bagi pengemudi mobil barang atau truk yang tidak layak/tidak dilengkapi dengan surat-surat kendaraannya, maka akan dilakukan penindakan sesuai ketentuan yang berlaku. Sehingga diharapkan, tidak ada kendaraan yang tidak layak masih beroperasi di Sabang.

Diharapkan masyarakat dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya mematuhi peraturan berlalu lintas dan menekan angka kecelakaan yang disebabkan oleh 3 faktor, baik dari faktor pengemudi, faktor kelayakan kendaraan dan faktor alam atau jalan.

Bagi pengendara yang terdapat melanggar maka dilakukan penilangan atau penindakan berupa tilang kepada pengendara yang tidak tertib berlalu lintas dan memberikan efek jera kepada pengendara.

“Semoga dengan adanya pelaksanaan kegiatan razia seperti ini, kiranya dapat mewujudkan Kamseltibcarlantas yang aman dan kondusif,” tutup Rizal Bahnur (Jalaluddin Zky)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here