Beranda TNI Satrad 233 Sabang Adakan Donor Darah Dalam Rangka Memperingati HUT Ke-59 Kohanudnas

Satrad 233 Sabang Adakan Donor Darah Dalam Rangka Memperingati HUT Ke-59 Kohanudnas

66
0
RSUD Tobelo

Sabang, Aceh

Jelang Hari Ulang Tahun (HUT) Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas) ke-59 Tahun 2021 yang jatuh pada tanggal 9 Februari, Satuan Radar 233 Sabang bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Banda Aceh dan PMI Kota Sabang menggelar kegiatan donor darah untuk membantu memenuhi kebutuhan darah, yang berlangsung di Lapangan Apel Satrad 233 Sab pada Kamis, (4/2/2021).

Informasi yang didapat dari PMI bahwa kebutuhan darah Kota Banda Aceh termasuk Kota Sabang, mencapai 100 kantong per-harinya guna memenuhi kebutuhan bagi rumah sakit–rumah sakit dan klinik yang ada di Kota Banda Aceh.

Selama pelaksanaan donor darah, Satrad 233 Sabang menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dengan memakai sarung tangan lateks, masker, dan melakukan pengecekan suhu tubuh calon pendonor.
Selain beberapa protokol pencegahan Covid-19, calon pendonor juga harus lolos uji kesehatan. Uji kesehatan sebagai syarat pendonor darah yaitu memiliki tubuh yang sehat, usia antara 17-60 tahun, berat badan minimum 45 kg atau ideal, tekanan darah normal. Kemudian juga, Hemaglobin dalam darah minimal 12,5 gr/dl dan pendonor tidak sedang mendapatkan imunitas virus.

“Alhamdulilah, antusias peserta donor darah melebihi target, mencapai 117 kantong. Satrad 233 Sabang tentunya sangat berterimakasih kepada semua pihak yang sudah berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini. Hal ini merupakan perwujudan dari sinergitas TNI/POLRI beserta komponen bangsa lainnya, dalam hal ini Satrad 233 Sabang bekerjasama dengan PMI Banda Aceh maupun PMI kota Sabang dalam bidang kemanusiaan,” ujar Dansatrad 233 Sabang, Mayor Lek Affan Heri Saputra, ST.

Sementara itu, Wakil Walikota Sabang selaku Ketua PMI Sabang, Drs. H. Suradji Yunus, turut hadir dalam kegiatan tersebut. Ia menyampaikan apresiasinya dan rasa bangga untuk Satrad 233 Sabang, yang telah mengadakan kegiatan donor darah yang nantinya akan diteruskan kepada yang membutuhkan, dan mudah-mudahan ketulusan niat dari para pendonor akan mendapatkan berkah dan pahala dari Allah SWT.

Dikesempatan yang sama, Kepala Cabang PT. Bank Aceh Sabang, T. Zulfikar, SE., mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Satrad 233 Sabang dalam rangka memperingati HUT Kohanudnas 2021, berharap semoga apa yang dilakukan Satrad 233 Sabang, juga dapat dilakukan lembaga dan instansi lainnya.

“Kami dari PT. Bank Aceh Cabang Sabang, mengapresiasi kegiatan donor darah yang dilakukan Satrad 233 Sabang dalam rangka memperingati HUT Kohanudnas 2021, semoga hal yang sama juga dapat dilakukan lembaga dan instansi lainnya. PT. Bank Aceh Perduli siap mendukung kegiatan kemanusiaan seperti ini,” kata T. Zulfikar. (Jalaluddin Zky)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here