Beranda Daerah Semarak HGN Ke-76, SMKN 1 Ende Gelar Lomba Mading

Semarak HGN Ke-76, SMKN 1 Ende Gelar Lomba Mading

18
0
Kepala Sekolah SMKN 1 Ende, Hermin Gildus Rangga, S.Pd.

Ende, NTT

Semarak Hari Guru Nasional (HGN) ke-76 tahun 2021, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Ende gelar lomba mading antar jurusan, Kamis (25/11/2021).

Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Ende, Hermin Gildus Rangga, S.Pd., kepada wartawan di ruang kerjanya mengatakan, tahun ini untuk menyemarakkan hari guru nasional ke-76 yang diperingati setiap tanggal 25 November, SMKN 1 Ende hanya mengisi satu jenis kegiatan yaitu, lomba mading.

Dijelaskan, lomba mading ini melibatkan antar jurusan yakni, 6 (enam) program kejuruan meliputi, Akuntansi dan Keuangan Lembaga, Bisnis Daring dan Pemasaran, Usaha Perjalanan Wisata, Teknik Komputer dan Jaringan, serta Rekayasa Perangkat Lunak.

“Kegiatan ini karena dengan situasi pandemi, yang kami lakukan adalah kegiatan lomba mading yang melibatkan antar jurusan yaitu 6 program kejuruan di sekolah ini, dimana kegiatan ini sudah dilakukan pembukaannya hari kemarin sampai dengan tanggal 2 Desember 2021,” jelas Hermin G. Rangga.

Ia melanjutkan, bagi yang menjuarai lomba mading antar jurusan, mereka ini akan mendapatkan piala dan uang pembinaan setelah diumumkan pada saat penerimaaan laporan pendidikan Desember mendatang.

“Lomba mading yang kita lakukan ini akan memperebutkan hadiah berupa piala dan uang pembinaan bagi mereka yang juara 1, 2 dan 3. Dan hasil lombanya akan diumumkan pada saat penerimaan laporan pendidikan bersama dengan orang tua siswa,” ujarnya.

Ditambahkan, dengan diadakan lomba mading tentunya dapat menggali potensi kemampuan bakat seni dari siswa-siswi itu sendiri, karena dalam menyajikan sebuah karya visual berbentuk majalah dinding dengan memuat konten tentang sesuatu tema tertentu yang informatif dan kreatif tentu dapat dimanfaatkan untuk kepentingan pembelajaran maupun penyampaian informasi kepada publik.

Guru memiliki andil besar dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Pahlawan tanpa tanda jasa ini berjuang bagi anak bangsa dengan segala kemampuan yang dimiliki.

Perjuangan para guru ini sejatinya telah mendapatkan perhatian dari pemerintah. Namun demikian masih terdapat guru-guru yang belum memperoleh kesejahteraan yang tinggi. Mereka yang tercatat sebagai guru honor dan guru tidak tetap (GTT) masih jauh dari kata cukup.

Untuk itu, pada hari guru tahun 2021 ini kesejahteraannya dan guru-guru honorer serta GTT harus diperhatikan. Mereka yang honorer ini perlu diperhatikan kesejahteraan baik dari segi honor maupun gaji. Dan diangkat menjadi PNS atau P3K.

Ia mengatakan, kesejahteraan para guru harus mendapat perhatian lebih dari pemerintah. Guru honor dan Guru tidak tetap dalam hal ini menjadi prioritas untuk disejahterakan.

Mereka sejatinya memiliki andil dan peran strategis bagi keberlangsungan pembelajaran bagi peserta didik. Sertifikasi langkah tepat dalam memberikan yang terbaik sehingga mereka yang telah lama mengabdi agar menjadi prioritas untuk bersertifikasi.

“Supaya diperbanyak sertifikasi-sertifikasi guru itu sebab itu sangat menolong para guru. Kinerja para guru ini baik itu yang honor, GTT di negeri maupun swasta sangat maksimal, tapi yang perlu dipikirkan kesejahteraannya,” imbuhnya.

“Guru-guru negeri telah memperoleh pendapatan yang memadai. Karenanya pada hari guru ini, Pemerintah agar banyak memperhatikan guru honor, GTT termasuk sekolah swasta sehingga perannya dalam mewujudkan SDM handal semakin optimal,” ungkap Hermin Gildus Rangga, S.pd. (Damianus Manans)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here