Beranda Daerah Setelah DPO Beberapa Tahun, Akhirnya Mantan Sekdis PU Bener Meriah Ditangkap Intelijen...

Setelah DPO Beberapa Tahun, Akhirnya Mantan Sekdis PU Bener Meriah Ditangkap Intelijen Kajagung

95
0
Foto: Ilustrasi.

Banda Aceh, NAD

Akhirnya pesembunyian mantan Sekretaris Dinas (Seldis) Bina Marga Cipta Karya Pekerjaan Umum Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Aceh, Ami Aristoni yang telah diputuskan secara hukum oleh Pengadilan atas kasus korupsi, berakhir ditangan Intelijen Kejaksaan Agung Republik Indonesia (Kejagung RI).

Keterangan yang diperoleh media ini menyebutkan, Tim Intelijen Kejagung RI berhasil menangkap mantan Sekdis Bina Marga Cipta Karya Bener Meriah, atas terpidana kasus korupsi pembangunan dan rehabilitasi sarana prasarana rumah ibadah di Kabupaten Bener Meriah anggaran tahun 2013.

Menurut Plt Kasipenkum Kejati Aceh, Ali Rasab Lubis, Ami Aristoni ditangkap di kediamannya di jalan Raya Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Terpidana korupsi Ami Aristoni melarikan diri usai diputuskan hukum oleh Pengadilan Negeri Bener Meriah.

“Ami Aristoni merupakan  DPO Kejaksaan Negeri Bener Meriah, usai diputuskan Pengadilan setempat dalam kasus korupsi pembangunan dan rehabilitasi rumah ibadah dengan nilai anggaran Rp10 miliar,” terang Ali Rasab, Selasa (24/5/2022).

Lebih lanjut dijelaskan, berdasarkan putusan Mahkamah Agung Nomor 459 K/Pid.Sus/2018 tanggal 24 September 2018 menyatakan bahwa mantan Sekdis Bina Marga dan Cipta Karya Bener Meriah telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama menyebabkan kerugian keuangan negara hingga Rp754 juta.

Sejak dikeluarkan putusan Mahkamah Agung tersebut, tambah Ali Rasab, terpidana Ami Aristoni telah dipanggil secara patut untuk melaksanakan putusannya, dengan hukuman 1 tahun penjara dan denda Rp.50 juta.

Akan tetapi, terpidana tidak mengindahkannya, bahkan yang bersangkutan melarikan diri sehingga masuk sebagai DPO Kejaksaan Tinggi (Kejati) Aceh, sesuai dengan surat permohonan bantuan pencarian penangkapan DPO Kejaksaan Negeri Bener Meriah.

“Usai ditangkap Tim Intelijen Kejagung, kini terpidana diamankan di Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan dan segera dibawa ke Aceh guna menjalani putusan hukum. (Zky)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here