Siap Siaga Hadapi Bencana, Polres Ende Apel Gelar Pasukan bersama Instansi Terkait

0
44

Bertempat di Lapangan Apel Mapolres Ende telah dilaksanakan Apel Gelar Pasukan Siaga Bencana bersama Instansi terkait lainnya, yang dipimpin langsung Kapolres Ende, Kamis (04/1/2024).

Ende, NTT // Kapolres Ende, AKBP. I Gede Ngurah Joni Mahardika, S.H., S.I.K., M.H., dalam amanatnya mengatakan, Kabupaten Ende merupakan salah satu daerah rawan bencana sehingga perlu dilakukan upaya pencegahan.

Pada tahun 2023 sesuai data, di Kabupaten Ende terjadi beberapa bencana, antara lain angin puting beliung, abrasi serta tanah longsor yang bisa menelan korban jiwa dan menyebabkan kerugian materil dialami warga seperti kerusakan rumah dan lain-lain.
Apel Gelar Pasukan Siaga Bencana dilakukan guna memastikan kesiapan personel dan juga peralatan yang akan digunakan dalam penanganan bencana.
Saat ini kata Kapolres, AKBP. I Gede Ngurah Joni M, bahwa sebaran abu vulkanik dari dampak erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki di Kabupaten Flores Timur (Flotim), mencapai wilayah Kabupaten Ende dan mengganggu jalur transportasi udara, sehingga pihak Bandara menutup sementara jalur penerbangan.

Selain itu pada tanggal 30 -31 Desember 2023 di Gunung Iya berdasarkan Analisis Data Visual dan Instrumen terekam terjadi Gempa Vulkanik sebanyak 12 kali di kedalaman 433 MM, tetapi belum terjadi Gempa Permukaan sehingga pihak Pos Pemantau menyatakan Status Aktivitas Gunung Iya Level 1/ (Normal).

“Dengan adanya beberapa kejadian saat ini, maka perlu dilakukan langkah-langkah pencegahan dengan memberikan himbauan kepada masyarakat, petakan potensi bencana, susun rencana aksi dan lakukan koordinasi lintas sektor,” tegas AKBP. I Gede Ngurah Joni Mahardika.
Apel siaga bencana bersama instansi terkait diantaranya Basarnas, Tagana, BPBD, Damkar, Sat Pol PP, Dinas Perhubungan, TNI dan Brimob.

Hadir pula pada kesempatan tersebut Dandim 1602 Ende, Letkol Kav. I Nengah Pendi Ristanto, S.T., PJU Polres Ende, Ketua Pengadilan Negeri Ende dan para Kapolsek, Kepala Dinas PUPR, Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas Kesehatan serta Asisten ll Setda Ende.

Usai apel gelar pasukan, Kapolres Ende, AKBP. I Gede Ngurah Joni M, bersama tamu undangan melakukan pengecekan alat dan kelengkapan yang akan digunakan untuk penanggulangan bencana apabila sesekali dibutuhkan untuk melakukan kegiatan penyelamatan terhadap korban bencana melalui simulasi oleh anggota Polres Ende, seperti alat pendongkrak reruntuhan, tertindis Mobil yang kapasitasnya bisa mendongkrak berat mencapai 15 ton, alat pemotong besi baja, Sensor, APAR/Alat Pemadam Api Ringan serta perahu karet dan alat tandu korban. (Damianus Manans)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here