Beranda Daerah SILPA Desa Sungai Arang Diduga Raib Ditelan Bumi

SILPA Desa Sungai Arang Diduga Raib Ditelan Bumi

104
0
RSUD Tobelo

Jambi, Muarabungo

Desa Sungai Arang adalah desa yang begitu dekat jaraknya dengan perkotaan Bungo, hanya dengan menempuh perjalanan 10-15 menit sudah sampai di kota Muarabungo, kota lintas jalur Sumatera. Pemerintahan Sungai Arang pada tahun 2018 yang lalu dipimpin oleh Kades/datu Rio Ali Napiah, namun setelah pergantian Kades/datu Rio, banyaknya kejanggalan yang ditemukan.

Awak media Bhayangkara Utama pun turut mengkonfirmasi gonjang-ganjing yang selama ini santer ditengah-tengah warga, dimana diduga telah ada penyalahgunaan anggaran desa pada datu Rio/Kades Ali Napiah. Media Bhayangkara Utama menemui kades yang baru, Saidina Umar dan mempertanyakan tentang anggaran yang di Silpa tersisa sebesar 34 jutaan, namun hanya nominalnya saja dan uangnya tidak ada.
Kades yang baru pun membenarkan kejadian itu. Menurut nara sumber yang didapat di sekitaran Desa Sungai Arang, turut membenarkan, bahkan program yang seharusnya memakai bak sampah dari tong plastik namun dibelanjakannya tong kaleng (drum). Menurut Kades Saidina Umar, ini sudah menyalahi aturan dari RAB (rencana anggaran belanja).

Untuk segi hukumnya, setelah pemeriksaan SPJ Desa Sungai Arang, pihak Inspektorat sudah menyurati kades Ali Napsiah (kades lama) beberapakali, namun tidak ada tanggapan dari kades lama, sedangkan Kades yang baru pun turut serta memberikan teguran kepada Kades lama, agar dapat mengembalikan anggaran 34jutaan untuk dimasukan ke Silpa, namun tidak digubris oleh kades lama.

Kades Saidina Umar meminta kejelasan hukum dan anggaran yang Silpa 34 jutaan, supaya tidak ada kesalahpahaman antara Pemdes dan masyarakatnya. (Ruslan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here