Beranda Bhayangkara Sinergitas Harkamtibmas dan Desa Mandiri Kabupaten Melawi

Sinergitas Harkamtibmas dan Desa Mandiri Kabupaten Melawi

93
0

Kegiatan Pengarahan Gubernur Kalbar, Kapolda Kalbar Pangdam XII TPR, Danlanud dan Danlatamal Kepada Tiga Pilar, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat, dalam rangka mewujudkan Sinergitas Harkamtibmas dan Desa Mandiri di Kabupaten Melawi di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Melawi, Minggu (22/12/19) sekira pukul 15.50 wib.

Melawi | Panji S.Sos Bupati Melawi atas nama masyarakat Melawi mengucapkan selamat datang dan mengucapkan terima kasih atas kunjungan kerja Kapolda Kalbar beserta rombongan ke Melawi.

“Saya atas nama Masyarakat Kabupaten Melawi mengucapkan selamat datang dan sangat berterima kasih atas kunjungan Perwakilan Gubernur Kalbar, Kapolda Kalbar dan Pangdam,” sambutnya.

Bupati Melawi menyampaikan bahwa Melawi saat ini sudah memiliki Kantor Bupati Melawi dan pembangunan khususnya dibidang kesehatan sudah ada di setiap kecamatan di wilayah Kab. Melawi, dan fasilitas sudah sangat memadai dan kendalanya pada kekurangan tenaga kerja dokter. APBD Kabupaten Melawi T.A. 2020 sudah disosialisasikan di 11 Kecamatan wilayah Kabupaten Melawi.

Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Provinsi Kalbar lr. H. Adi Yani, MH menyampaikan “Bapak ibu yang berbahagia pertemuan pagi ini sengaja diselenggarakan sebagai bentuk persiapan kita semua dalam rangka antisipasi sedini mungkin terhadap hal-hal yang tidak kita inginkan bersama yang berimplikasi pada aspek keamanan dan ketertiban di wilayah Kalimantan Barat khususnya di Kabupaten Melawi,” ujar Ir. H. Adi Yani.

“Untuk menjaga keamanan dan ketertiban ini bukan hanya merupakan tugas dari TNI dan Polri serta pemerintah, namun juga tugas kita bersama dari semua lapisan masyarakat agar tercapainya kehidupan kebangsaan yang merdeka bersatu berdaulat adil dan makmur dapat kita wujudkan bersama,” sambungnya.

Pangdam XII Tanjung Pura Pontianak Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya terhadap tiga pilar di Kabupaten Melawi yang telah menjalankan tugas dengan baik.

“Terima kasih kepada tiga pilar yang tetap semangat menjalankan tugas dengan baik, kedepan menjaga Harkamtibmas akan tetap selalu terjaga,” harap Pangdam.

“Sinergitas tiga pilar bersama dengan para tokoh harus terus diasah, bangun dan wujudkan untuk menghadapi semua kegiatan seperti yang kita akan hadapi yaitu Natal, Tahun Baru, Pilkada dan Pilkades. Netralitas kita sebagai Aparatur Negara saat ini sedang diuji, sehingga kita bersama harus merubah kultur-kultur yang tidak baik menjadi lebih baik dalam rangka mensejahterakan masyarakat” ucapnya.

Sementara Kapolda Kalimantan Barat Irjen Pol  H. Drs. Didi Haryono, S.H., M.H menyampaikan kita harus memberikan rasa aman dan kenyamanan khususnya dalam menghadapi Perayaan Natal dan Tahun Baru kepada seluruh masyarakat.

“Selama pelaksanaan kegiatan Natal dan Tahun baru harus kita amankan, jaga dan kawal agar terjalin situasi yang aman dan kondusif,” ujar Kapolda.

Melawi sudah terdapat 4 Desa Mandiri dari 169 Desa. Pembangunan desa mandiri tidak mengurangi anggaran Dana Desa.

“Justru dengan Desa Mandiri ini yang memiliki 52 indikator dapat dilaksanakan secara sinergis dapat meningkatkan pemasukan dana desa sehingga daerah menjadi berkembang dan maju” jelasnya.

“Tahun 2020 kita akan melaksanakan Pilkades dan Pilkada, belajar dari pengalaman sebelumnya dimana pelaksanaan kegiatan-kegiatan tersebut dapat berjalan dengan lancar, sehingga dalam agenda tahun 2020 kedepan dapat dilaksanakan dengan aman dan lancar,” ujarnya lagi.

Kapolda menyampaikan terima kasih kepada Pemda Melawi dan unsur tiga pilar jajaran Melawi.

Kepada TNI/POLRI Kapolda berpesan “Tetap jaga kesehatan dan keselamatan diri dalam melaksanakan tugas serta memberikan pelayanan kepada masyarakat kita khususnya yang akan melaksanakan ibadah Natal agar mereka merasa nyaman dalam melaksanakan ibadahnya. Tetap jaga netralitas terutama semua pihak, agar tahapan-tahapan Pilkada 2020 dapat berjalan dengan lancar dan aman” ucapnya.

Kegiatan diakhiri dengan penyerahan cindera mata oleh Bupati Melawi kepada Gubernur Kalbar, Kapolda Kalbar dan Pangdam XII Tanjung Pura Pontianak dan Foto bersama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here