Sosialisasi dan Edukasi Korbinmas Baharkam Polri, Dalam Rangka Operasi Nusantara Cooling System

0
16

Dalam rangka memelihara kamtibmas menuju Pemilu yang aman dan damai, Subsatgas Binmas Satgas Pre-Emtif Korbinmas Baharkam Polri laksanakan kegiatan sosialisasi dan edukasi kepada peserta sosialisasi pengurus BEM perwakilan Universitas yang ada di kota Batam. Kegiatan bertempat di Universitas Riau Kepulauan (Unrika) Batam, Kamis (14/12/2023).

Batam, Kepri // Hadir dalam kegiatan tersebut Dirbintibmas Korbinmas Baharkam Polri, Brigjen Pol. M. Rudy Syafirudin, S.I.K., S.H., Dirbinmas Polda Kepri, Kombes Pol. Endro Prasetyo, S.I.K., M.H., Kabagopsnal Korbinmas Baharkam Polri, Kombes Pol. Bharata Indrayana, S.I.K., Rektor Universitas Riau Kepulauan, Prof. DR. Hj. Sri Langgeng Ratnasari., S.E., M.M., Kabid Kewaspadaan Nasional dan Penanganan Konflik Kota Batam, Abdul Rifani, S.T., Wakil dekan fakultas hukum Unrika, DR. Dwi Afni Maileni, S.H., M.H., dan peserta sosialisasi pengurus BEM perwakilan Universitas yang ada di kota Batam.
Dalam sambutannya Dirbintibmas Korbinmas Baharkam Polri Brigjen Pol. M. Rudy Syafirudin, S.I.K., S.H., mengatakan, “Saya sebagai Kasatgas Preemtif Operasi Nusantara Cooling System menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pihak Universitas Riau Kepulauan, narasumber dari Bakesbangpol Prov. Kepri dan Fakultas Hukum Unrika, serta peserta sosialisasi dan edukasi yang berbahagia”.

“Cooling System merupakan upaya pendinginan suasana panas jelang pemilu sebagai akibat meningkatnya dukungan partisipan yang berlebihan dan dapat menimbulkan potensi konflik sosial. Tujuan dari Cooling System untuk mengalihkan perhatian masyarakat bukan menghambat masyarakat dalam berdemokrasi, agar tidak terjadi polarisasi yang tinggi di masyarakat dan juga meniadakan segala bentuk potensi konflik berlatar belakang Primordialisme (sara) yang terjadi di masyarakat baik di lapangan dan dunia maya/media sosial, sehingga tidak menjadi gangguan nyata,” ujarnya.
“Untuk meminimalisir segala bentuk potensi konflik sebelum pada saat dan setelah Pemilu tahun 2024, Polri membentuk Operasi Nusantara Cooling System yang merupakan kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD) dalam konteks Pemilu damai di wilayah Polda dan Polres yang merupakan manifestasi konkrit dari keinginan bersama untuk menciptakan suasana pemilihan yang damai dan kondusif, melalui keterpaduan kendali, komunikasi dan informasi (K3I) yang memanfaatkan teknologi informasi. Saya berharap, mahasiswa sekalian dapat berpartisipasi dalam proses menciptakan suasana yang kondusif di tengah-tengah masyarakat, sehingga nantinya proses pemilu dapat berjalan dengan aman dan lancar,“ imbuhnya.

Selanjutnya sambutan dari Rektor Universitas Riau Kepulauan, Prof. DR. Hj. Sri Langgeng Ratnasari., S.E., M.M., mengucapkan terimakasih atas kunjungan dari Korbinmas Baharkam Polri dan seluruh perwakilan mahasiswa dan mahasiswi dari perwakilan universitas yang ada di kota Batam.

“Kegiatan hari ini merupakan hal yang sangat penting dan bermanfaat bagi kita semua, saya harapkan bagi semua para hadirin dapat menyimak dan mengambil ilmu dari kegiatan ini dikarenakan tahun depan kita akan menghadapi pesta demokrasi dan saya harapkan seluruh para hadirin nanti dapat berpartisipasi untuk mendukung dan melancarkan pelaksanaan pemilu damai,” harapnya. (Ariyanto Nainggolan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here