Beranda Inovasi Sosialisasi Program Desa Mandiri Menuju Langit Biru Di Bumi Khatulistiwa

Sosialisasi Program Desa Mandiri Menuju Langit Biru Di Bumi Khatulistiwa

29

Sosialisasi Program Desa Mandiri menuju Langit Biru di Bumi Khatulistiwa dan Praktek Pembuatan Cuka Kayu Pemerintah Kabupaten Sanggau di Gedung Balai Betomu Sanggau, Jalan Jenderal Sudirman Kelurahan Beringin Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau, Kamis (20/02/2020).

Sanggau, Kalbar | Hadir dalam kegiatan tersebut, Pasahli Pangdam XII/Tpr bidang Ideologi Politik Kolonel CZI Yudha, Dandim 1204/Sanggau Letkol Inf Gede Setiawan, Kapolres Sanggau AKBP Raymond M Masengi, S.IK MH, Asisten II Sekda Sanggau H. Roni Fauzan, SE, M.SI, Staff Ahli Bupati Sekadau Mochlis, Kepala BPBD Sanggau Sirion, S.Sos, Forkompinda Kabupaten Sanggau dan Sekadau, OPD Kabupaten Sanggau, Disbunak Kabupaten Sanggau Emilia, Kabid Tanaman Pangan Dinas KPTPHP Kabupaten Sanggau Ir. Nina Aslidar, MM, Para Camat, Kapolsek dan Danramil Se-Kabupaten Sanggau dan Sekadau, Para Kades, Bhabinkamtibmas serta Bhabinsa Sekecamatan, Kabupaten Sanggau-Sekadau, KKPH Kabupaten Sanggau dan Sekadau, Perwakilan Perusahaan Perkebunan Sawit Kabupaten Sanggau-Sekadau, BPBD, Manggala Agni dan Satgas Relawan Desa, DAD Kabupaten Sanggau, PDKS, Paguyuban G3 dan Mahasiswa/i PSDKU Polnep Sanggau.

Dalam sambutannya Dandim 1204/Sanggau Letkol Inf Gede Setiawan, menyampaikan luas lahan yang telah terjadi Kebakaran di wilayah Kabupaten Sanggau-Sekadau, Program Desa Mandiri merupakan bentuk upaya sinergitas antar pemangku Aparatur Desa bersama masyarakat dalam mencegah kembali terjadinya Karhutla. Dandim juga menyampaikan tujuan dari program Desa Mandiri, Pengharapan agar Karhutla di wilayah Kabupaten Sanggau-Sekadau dapat ditekan sampai Zero / Nihil.

Asisten II Sekda Sanggau Sdr. H. Roni Fauzan, SE, M.SI, mengucapkan Permohonan maaf atas ketidak hadiran Bupati dan Wakil Bupati dikarenakan menghadiri kegiatan lainnya, Desa Mandiri merupakan Program Gubernur Kalbar dan sehubungan dengan hal tersebut mari kita dukung bersama. Sehubungan dengan ini kita saling bahu membahu dan koordinasi dalam mengatasi Karhutla dengan proses solusi yang akan kita bicarakan saat ini.

Penyampaian Sosialisasi dan Materi oleh Pasahli Pangdam XII/Tpr bidang Ideologi Politik Kolonel CZI Yudha, ucapan terimakasih atas kehadiran para peserta. Program Desa Mandiri telah dicanangkan oleh Gubernur Kalbar yang dihari oleh Pangdam, Kapolda serta segala unsur terkait pada tanggal 31 Januari 2019 di Makodam Tanjung Pura dan hal ini dilatarbelakangi karena adanya kegelisahan yaitu karhutla yang tak kunjung selesai. Desa Mandiri merupakan program unggulan dalam meningkatkan taraf hidup perekonomian masyarakat setempat bahwa tahun ini direncanakan akan menambah dan meningkatkan Desa Mandiri diseluruh wilayah Kalbar.

BACA JUGA :  Bangunan Liar Marak di Purwakarta

Desa Mandiri dilatarbelakangi oleh adanya harapan menuju langit biru dalam upaya mencegah terjadinya Karhutla kembali. Sehubungan dengan program ini kita tidak mau menghilangkan perilaku budaya masyarakat setempat. Dilaksanakan kegiatan ini dalam rangka menyamakan persepsi semua pihak sehingga visi dan misi dalam penanganan Karhutla dapat optimal serta tepat sasaran.

Penulis  : Firmansyah Budin

Facebook Comments