Beranda Bhayangkara Sosok Kombes Gidion Arif, Kapolres Metro Bekasi Yang Dikenal Garang

Sosok Kombes Gidion Arif, Kapolres Metro Bekasi Yang Dikenal Garang

120
0
Kombes Pol. Gidion Arif Setyawan, Kapolres Metro Bekasi menggantikan Kombes Pol. Hendra Gunawan.

Bekasi, Jabar

Kombes Pol. Gidion Arif Setyawan kini resmi menjabat Kapolres Metro Bekasi menggantikan Kombes Pol. Hendra Gunawan. Upacara serah terima jabatan (sertijab) dipimpin Kapolda Metro Jaya Irjen Pol. Fadil Imran di Aula Balai Pertemuan Polda Metro Jaya (BPMJ), Selasa (4/1/2022).

Kombes Pol. Gidion Arif Setyawan merupakan lulusan Akpol 1996 yang berpengalaman dalam bidang reserse. Karier Kombes Gidion terbilang cukup cemerlang. Sebelum menjabat Kapolres Metro Bekasi, Kombes Gidion menjabat Analis Kebijakan Madya Bidang Pideksus Bareskrim Polri. Kombes Gidion juga pernah menjabat Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Jawa Timur pada 28 Agustus 2019. Namun ia tak lama mengembang tugas itu.

Ia mendapatkan tugas baru sebagai Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus). Ia menjabat Dirreskrimum Polda Jawa Timur hanya 86 hari. Jabatan Dirreskrimsus ini bukan hal baru buat Kombes Gidion, karena sebelumnya juga pernah menduduki jabatan yang sama yakni Dirreskrimsus Polda Riau.

Selama di Jawa Timur, Kombes Gidion dikenal inovatif. Tak sampai tiga bulan, pria kelahiran 10 Juni 1975 sudah membuat inovasi menarik, yakni program ekspo barang bukti kejahatan pada akhir September 2019 lalu. Ekspo itu jadi yang pertama kali dilakukan oleh jajaran Polri di Indonesia.

Sedikitnya 1.500 kendaraan baik roda dua dan empat hasil kejahatan dipamerkan. Sebanyak 828 unit kendaraan digelar di lapangan Mapolda Jatim. Sisanya dipamerkan di Polres jajaran. Kendaraan itu kemudian bisa diambil oleh pemiliknya dengan menunjukkan bukti kepemilikan.

Kombes Gidion juga dikenal garang mengungkap kasus kriminalitas. Dibawah komando Gideon, Ditreskrimum Polda Jatim berhasil mengungkap kasus prostitusi online melibatkan artis atau publik figur.

Ia juga pernah mengungkap kasus kejahatan penyimpangan seks pedofilia dengan korban mencapai 50 anak laki-laki. Termasuk beberapa kasus pembunuhan dan investasi ilegal yang mendapat sorotan publik. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here