Beranda Daerah STOP Kekerasan Dan Kriminalisasi Terhadap Jurnalis, Koalisi Wartawan Sidoarjo Lakukan Aksi Damai

STOP Kekerasan Dan Kriminalisasi Terhadap Jurnalis, Koalisi Wartawan Sidoarjo Lakukan Aksi Damai

29
0

Sidoarjo, Jatim

Sejumlah wartawan dari beberapa media yang bertugas di wilayah Sidoarjo, melakukan aksi damai atas kekerasan yang menimpa Nurhadi, seorang wartawan Tempo di Surabaya.

Peristiwa kekerasan tersebut, berawal saat Nurhadi melaksanakan tugas jurnalistiknya pada hari Sabtu (27/3/2021), terkait kasus suap pajak yang tengah diusut oleh Komisi Pemberantasan Korupsi.
“Kami mengutuk keras dan sangat menyesalkan, atas tindak kekerasan yang dialami wartawan Tempo, Nurhadi, yang saat itu sedang menjalankan tugas jurnalistiknya,” ucap Heri Susetyo, wartawan Metro TV dalam orasinya di depan monumen Jayandaru, Sidoarjo, Senin (30/3/2021).

Heri juga mengingatkan kepada semua pihak dan masyarakat umum, bahwa profesi wartawan dalam menjalankan setiap tugasnya, dilindungi oleh Undang-undang. Selain itu, kode etik jurnalistik dan regulasi lainnya sudah sah di mata hukum dan negara.
“Seharusnya, tindak kekerasan atau pengeroyokan yang melibatkan oknum Polisi dan TNI tidak boleh terjadi. Terlebih, terhadap wartawan yang sedang bertugas,” tandasnya.

Menurutnya, peristiwa kekerasan yang dialami saudara Nurhadi, merupakan bentuk ancaman terhadap hal-hal lebih prinsip dalam kehidupan pers nasional. Yakni, ancaman terhadap kebebasan dan kemerdekaan pers yang dilindungi negara dalam berdemokrasi.

“Besar harapan kami, agar kejadian kekerasan terhadap jurnalis tidak terulang lagi. Usut tuntas dan proses hukum, serta terus kawal kasus ini hingga tuntas,” pungkasnya. (Zanuar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here